Horner Sambut Positif Ban Baru Pirelli Musim 2018

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 18:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 07 37 1841398 horner-sambut-positif-ban-baru-pirelli-musim-2018-79dPSqMOVe.jpg Pirelli (Foto: AFP)

MILTON KEYNES – Bos Red Bull, Christian Horner, percaya penggunaan ban Pirelli musim 2018 bisa menciptakan balapan yang lebih baik. Selain itu penggunaan ban baru ini juga akan mengurangi jumlah pitstop dalam sesi balapan.

Setelah menjalani satu musim penuh dengan mobil baru yang lebih cepat dan ban yang lebih besar, kini Pirelli mengeluarkan seluruh terobosannya dengan menciptakan dua ban kering tambahan yakni Hypersoft dan Superhard yang dapat digunakan oleh seluruh pembalap.

Mereka sengaja menciptakan ban dengan tekstur yang lebih lembut ketimbang sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan kecepatan yang diperlukan para pembalap. Pasalnya, ban supersoft dan ultrasoft menjadi langganan para pembalap untuk dipergunakan dalam setiap balapan.

Ban bertekstur lembut dinilai memiliki grip yang sangat baik ketika melibas lintasan dengan kecepatan tinggi. Namun resiko lainnya adalah degradasi ban yan terbilang cukup cepat, sehingga mewajibkan para tim untum mengatur strategi ban secara baik dan benar.

“Kedua pembalap kami menyukai ban hypersoft yang merupakan varian ban paling lunak yang diperkenalkan Pirelli. Sepertinya ban mereka diterima secara positif walaupun saya pikir mereka masih memiliki sedikit pekerjaan untuk memperbaikinya,” ucap Horner, melansir dari F1i, Minggu (7/1/2018).

Baca Juga:

(Williams Segera Umumkan Sirotkin sebagai Pengganti Massa)

“Saya berpikir bahwa menggunakan ban lebih lembut dapat menciptakan balapan yang lebih baik. Sementara penggunaan strategi one stop race menurut saya akan menjadi sebuah skenario terburuk yang pernah ada,” lanjutnya.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan langkah Pirelli dalam menciptakan beberapa macam varian ban dapat menimbulkan kebingungan bagi para penggemar. Horner yang memahami kekhawatiran tersebut percaya, tersedianya pilihan ban yang beragam, dapat membuat balapan menjadi semakin optimal.

“Saya bisa mengerti reaksinya, tapi yang saya harap ini memungkinkan Pirelli lakukan adalah memilih ban yang tepat dan menampilkan yang terbaik di setiap balapan. Apa yang harus mereka lakukan adalah memilih ban yang tepat untuk setiap acara dan menghasilkan balapan yang menarik,” tuntasnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini