nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komentar Dua Tunggal Putra India soal Kepergian Mulyo Handoyo

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 05 40 1840515 komentar-dua-tunggal-putra-india-soal-kepergian-mulyo-handoyo-QL8We7yTwK.jpg Mulyo Handoyo dan HS Prannoy (Foto: Bagas/Okezone)

NEW DELHI – Di awal tahun 2018, kabar kurang mengenakan datang dari dunia bulu tangkis India. Tim bulu tangkis India baru saja kehilangan pelatihnya, Mulyo Handoyo, yang dikabarkan akan memermanenkan posisinya sebagai pelatih kepala di Singapura.

Mengenai gosip tersebut, salah satu tunggal putra India, Kidambi Srikanth, belum bisa berkomentar banyak. Sebab pebulu tangkis yang kini tengah menempati ranking tiga dunia itu mengaku belum berbincang dengan manajemen tim.

(Baca juga: Mulyo Handoyo Takkan Lagi Latih Bulu Tangkis India)

Namun secara gambling, Srikanth menegaskan bahwa ia belum pernah merasakan tangan dingin dari Mulyo. Sejak bergabungnya Srikanth ke tim nasional bulu tangkis India pada 2009, P. Gopichand adalah sosok pelatih yang menanganinya hingga saat ini.

“Ya sebelum bergabung dengan akademi, saya berada di bawah Sudhakar Reddy. Saya bergabung dengan akademi di tahun 2009 dan selam ini hanya Mr. Gopi (yang menangani saya) hingga tahun ini saat Mulyo Handoyo juga masuk,” ujar Srikanth, mengutip dari Times of India, Jumat (5/1/2018).

“(Soal kepergian Mulyo Handoyo) Saya tidak tahu apakah dia sudah berhenti. Saya belum benar-benar berbicara denagnnya sejak final Dubai. Bahkan di tahun 2017, bukan hanya tentang pembinaan Mulyo, karena Mr. Gopi juga bergabung bersama kami. Saya memenangkan gelar pertama saya di 2014 dan berada di bawah Mr. Gopi. Jadi Mr. Gopi juga tahu segalanya mengenai permainan saya. Ketika Saina (Nehwal) memenangkan medali Olimpiade, hanya Mr. Gopi yang ada di sana begitu juga saat (Pusarla) Sindhu yang memenangkan medlai perak Olimpiade, hanya ada Mr. Gopi,” tambah Srikanth.

(Baca juga: Axelsen Bicara soal Persaingan Tunggal Putra dan Targetnya di 2018)

Namun berbeda dengan komentar yang diberikan oleh HS Prannoy. Prannoy mengakui bahwa Mulyo telah memberikan kontribusi yang cukup baik selama dua tahun terakhir di dunia bulu tangkis India. Maklum saja Prannoy merupakan salah satu pemain yang ditangani langsung oleh pelatih asal Indonesia itu.

“Kami telah mendapatkan hasil dalam dua tahun terakhir. Saya pikir Mulyo membawa beberapa perubahan dalam jadwal latihan yang pada awalnya membantu kami semua. Tapi saya akan mengatakan bahwa ini adalah usaha kolektif selama lima tahun terakhir yang telah memberi kami hasil sekarang,” tambah Prannoy.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini