Image

Lee Chong Wei Kritisi soal Jadwal Turnamen yang Ditetapkan oleh BWF pada 2018

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018, 10:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 05 40 1840426 lee-chong-wei-kritisi-soal-jadwal-turnamen-yang-ditetapkan-oleh-bwf-pada-2018-oTAEJw041C.jpg Lee Chong Wei (Fot: Reuters)

KUALA LUMPUR – Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, mengomentari mengenai padatnya kalender yang akan dijalaninya di 2018. Maklum saja, federasi tertinggi bulu tangkis dunia (BWF) baru merilis aturan baru yang wajib diikuti oleh para pebulu tangkis dunia.

Bagi pemain tunggal, mereka yang berada di 15 ranking teratas wajib mengikuti setidaknya 12 turnamen BWF pada 2018. Sementara bagi pemain ganda, mereka yang ada di 10 peringkat teratas juga harus mengikuti jumlah turnamen yang serupa.

(Baca juga: Axelsen Senang dengan Prestasinya di 2017)

Mengenai aturan tersebut, mantan pebulu tangkis ranking satu dunia itu mengaku keberatan. Apalagi saat ini Chong Wei perlu memikirkan staminanya agar tetap fit mengingat usianya yang tak lagi muda.

Apalagi tahun ini akan banyak turnamen yang besar lainnya seperti Thomas & Uber Cup dan bagi pebulu tangkis Asia, mereka juga harus mengharumkan nama negaranya di ajang Asian Games. Menurut Chong Wei aturan yang mengharuskan mengikuti 12 turnamen terbilang cukup berat.

Keberatannya tersebut juga sudah dia utarakan kepada Presiden BWF, Poul-Erik, saat berjumpa di superseries final yang digelar di Dubai. Menurut pebulu tangkis yang meraih medali perak Olimpiade Rio 2016 itu, Poul-Erik akan menganalisis ulang aturan tersebut.

“Jadwal saya untuk tahun ini sangat luar biasa. Saya harus mengikuti setidaknya 19 turnamen. Padahal sebelumnya saya belum pernah mengikuti lebih dari 15 turnamen, bahkan sejak saya masih muda. Mereka seharusnya tidak memaksa pemain bermain di turnamen yang terlalu banyak,” ujar Chong Wei, mengutip dari The Star, Jumat (5/1/2018).

(Baca juga: Peraturan Servis Baru Kembali Dapat Kritikan dari Pebulu Tangkis India)

“Kami harus bermain total 12 turnamen atau jika tidak kami akan dikenai sanksi. Pemain juga memiliki kewajiban untuk bermain di turnamen besar lainnya sepeyrti Piala Thomas, Commonwealth, kejuaraan dunia, kejuaraan bulu tangkis Asia, Asian Games, dan superseries final,” tambah pebulu tangkis yang kini menempati ranking dua dunia itu.

“Saya sempat bertemu dengan Presiden Poul-Erik dan Thomas di final superseries. Mereka juga pemain bulu tangkis sebelumnya. Mereka mengerti pemain tidak bisa didorong seperti ini. Mereka akan mengulas mengenai peraturan ini,” tuntas Chong Wei.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini