nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sirkuit Race Diperbaiki Jelang MX GP 2018 di Babel

Arsan Mailanto, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 07:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 04 43 1839743 sirkuit-race-diperbaiki-jelang-mx-gp-2018-di-babel-lE5bOFdKsd.jpg (Foto: Arsan Mailanto/OKEZONE)

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi sebagai persiapan sejak dini menyambut kejuaraan internasional, Motocross MX GP 2018, yang akan digelar tepatnya pada Juni-Juli mendatang.  

Persiapan dini pun dipersiapkan. Pasalnya, Babel kembali menjadi tuan rumah kejuaraan MX GP 2018. Pemrov pun telah mempersiapkan segala hal agar perhelatan akbar internasional itu kembali sukses.

Rapat koordinasi dipimpin langsung Sekda Babel Yan Megawandi dan diikuti sejumlah instansi terkait seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, IMI Babel dan pihak terkait lainnya. Pemprov Babel menggelar Rapat awal persiapan event bergengsi internasional tersebut. 

Yan mengatakan, berkaca pengalaman penyelenggaraan MX GP 2017 lalu, akan dijadikan pelajaran dan evaluasi untuk ditingkatkan dan diperbaiki menjadi lebih baik di tahun ini. Untuk sirkuit MX GP tahun ini, tetap menggunakan sirkuit GOR Sahabudin, Kota Pangkalpinang.

Dia menjelaskan, bahwa event ini juga berdekatan dengan MG XP yang akan digelar di Semarang pada 6-7 Juli 2018 nanti. Sehingga dari Babel harus mampu meng explorer ke berbagai pihak sehingga event dapat lebih menarik.

Meskipun penonton dari berbagai provinsi juga mempertimbangkan jarak tempuh, menurutnya, di mana dari Jakarta ke Babel maupun ke Semarang jarak tempuh tidak terlalu berbeda sekira 50-60 menit.

"Itu tergantung strategi kita untuk meng explorer nya bagaimana, sebab event ini harus kita mantapkan dan kita persiapkan sejak saat ini juga. Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk IMI Babel yang kami minta meningkatkan kualifikasi agar kemampuan IMI tak kalah baik," ujarnya kepada awak media di Pangkalpinang, Rabu (3/1/2018) sore. 

Yan juga menyebutkan, kemungkinan besar tetap menggunakan race yang lama dengan mempertimbangkan daya dukung dan back up juga cukup bagus.

"Kita harus pegang pada tahun 2017 kemarin, pasalnya penonton MG XP Babel mencapai 67 ribu penonton, terbanyak ketiga di dunia, bagaimana kita menjual ini agar bisa sukses dan menarik," ucapnya. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Babel, Suharto menyatakan untuk menghadapi MG XP 2018, pihaknya sudah memfokuskan anggaran dana sebesar Rp10 milliar. Untuk race akan diperbaiki agar tidak menelan biaya terlalu besar, karena kalau race dipindahkan akan memakan biaya tinggi.

"Soal listrik keinginan Pak Gubernur itu ada balap malam, lampu disiapkan dari sisa lampu Kejurnas PBSI 2017 kemarin, tetapi itu resiko terlalu tinggi masalah PLN akan teratasi, kita akan bicarakan," tuturnya. 

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Rivai menambahkan MG XP tahun ini harus dikemas menarik dan kreatif agar bisa menjadi daya tarik wisatawan, sehingga wisatawan domestik maupun mancanegara lebih memilih untuk hadir dan nonton di pulau Bangka ketimbang di Semarang.

"Tahun lalu, kita sudah siapkan 3000 lebih kamar hotel, tapi nyatanya yang menginap sedikit. Artinya, yang menonton hanya penonton lokal. Sedangkan kalkulasi kita setidaknya 5000 penonton dari luar itu ternyata meleset," pungkas Rivai.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini