Lebih dari 2000 Atlet Ikuti Kompetisi Lari KONI Kota Kediri

ant, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 12:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 30 43 1837846 5000-atlet-ikuti-kompetisi-lari-koni-kota-kediri-WheOsMz4XD.jpg Kompetisi Lari (Foto: Okezone)

KEDIRI - Lebih dari 2.000 atlet lari dari berbagai daerah di Indonesia, mengikuti kompetisi "Lari 5K" yang diselenggarakan oleh KONI Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu.

"Kegiatan ini kami selenggarakan untuk pembinaan, terutama para atlet pemula. Selain itu, acara ini juga sebagai peringatan HUT Ke-79 KONI," kata Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto ditemui saat kegiatan itu di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kediri.

Ia mengatakan kegiatan ini juga menarik banyak atlet, baik dewasa maupun anak-anak. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada yang dari luar negeri.

Selain dari Kediri, ada juga atlet dari Surabaya, dan sejumlah kota lainnya. Atlet luar negeri ada yang dari Kenya serta Filiphina.

Sementara itu, lomba lari sepanjang 5 kilometer itu mengambil rute di sejumlah jalur Kota Kediri, yaitu Jalan PK Bangsa, Jalan Joyoboyo, Jalan MH Thamrin, Jalan Patiunus, Jalan Hasanudin, Jalan A Yani, lalu kembali ke lokasi start di depan TMP Kota Kediri.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan pemerintah kota terus mendorong agar para atlet berjuang keras dan bisa menampilkan kemampuan terbaiknya. Mereka diharapkan terus berprestasi baik tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Baca Juga:

(Atlet Difabel Diharapkan Mendapat Perhatian Lebih dari Pemda)

"Program ini juga mendukung program pemerintah meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Kami berharap, pembinaan atlet di Kediri bisa lebih berhasil, lebih baik di kancah regional, nasional, hingga internasional," katanya.

Nur juga meminta upaya pembinaan para atlet terutama junior ke depan diharapkan lebh baik. Dengan pembibitan sejak dini, bisa memperkuat moral bertanding dari para atlet, sehingga bisa bertanding di kompetisi yang lebih tinggi.

Ke depan, tambah dia, diharapkan kegiatan ini bisa dikemas dengan lebih spektakuler, sehingga jumlah peserta juga lebih banyak lagi. Bahkan, peserta dari luar Kediri juga bisa lebih bersemangat ikut lomba lari di kota ini.

"Ke depan bisa dikemas lebih baik lagi, spektakuler, sehingga kepesertaan lebih luas. Untuk kategori juga bisa ditambah mengikuti perkembangan teknologi olahraga yang terus berkembang," katanya.

Para pemenang, selain mendapatkan medali, juga berhak mendapatkan sejumlah uang pembinaan. (T.KR-DHS)

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini