nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hamilton Beri Wejangan pada Vettel untuk Kejuaraan F1 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 09:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 30 37 1837779 hamilton-beri-wejangan-pada-vettel-untuk-kejuaraan-f1-2018-PJppistVyU.jpg Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel (Foto: AFP)

BRACKLEY – Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton, sukses meraih gelar juara dunia Formula One (F1) di musim 2017. Kendati begitu, Hamilton tak memenangkan kejuaraan tersebut dengan mudah lantaran dirinya harus bersaing sengit dengan pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Bahkan, di awal musim, Hamilton sempat tertinggal dari Vettel. Tercatat, Vettel sukses memenangkan tiga dari enam balapan pertama F1 di musim 2017, sedangkan tiga balapan lainnya disudahinya dengan finis pada urutan kedua.

(Baca juga: Hamilton Kembali Bahas Insiden dengan Vettel di Baku)

Kendati demikian, penampilan Vettel yang semula gemilang justru mengalami penurunan di pertengahan musim. Hal tersebut pun tidak disia-siakan oleh Hamilton untuk mencuri kesempatan mengudeta Vettel.

Tidak hanya itu, Vettel juga sempat melakukan tindakan fatal. Tentu semua masih ingat dengan insiden di Azerbaijan, di mana pembalap asal Jerman itu dengan sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil Hamilton. Kemudian, Vettel juga gagal finis saat balapan di Singapura lantaran terburu-buru ingin mengambil alih posisi terdepan, namun berujung tabrakan beruntun.

Banyak pihak menilai bahwa kegagalan Vettel di 2017 disebabkan oleh ulahnya sendiri yang tak bisa mengontrol emosi. Menyambut musim kejuaraan 2018, Hamilton pun menerangkan bahwa Vettel seharusnya belajar dengan apa yang terjadi pada 2017.

Namun, Hamilton menyiratkan bahwa Vettel akan bangkit di musim depan. Menurutnya, kegagalan di musim ini akan membuat juara dunia F1 empat kali itu semakin memiliki ambisi untuk menyudahi puasa gelarnya.

“Saya tidak akan mengatakan kepada Anda apa yang telah saya pelajari, namun Anda bisa melihat dan saya pikir Anda telah belajar mengenainya (Vettel). Dia seharusnya tidak perlu malu atas kejadian itu. Dia akan belajar dari pengalamannya, sebagaimana yang kami semua lakukan,” ucap Hamilton, mengutip dari Express, Sabtu (30/12/2017).

“Saya telah mengalami tahun-tahun seperti itu. Dia telah bertahun-tahun memiliki soliditas penuh seperti saya di tahun ini. Saya membayangkan tahun depan dia akan kembali berkobar, namun saya tidak merasa ada yang tidak dapat saya capai jika saya melakukan pekerjaan itu,” tuntas Hamilton.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini