nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Andy Murray Disarankan Tidak Tampil di Australia Open 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 23 Desember 2017 00:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 22 40 1834785 andy-murray-disarankan-tidak-tampil-di-australia-open-2018-9YZTki0lyT.jpg Andy Murray (Foto: AFP)

LONDON – Kabar kurang mengenakkan harus menimpa petenis berpaspor Skotlandia, Andy Murray, jelang berlangsungnya Australia Open 2018 yang akan dihelat pada 15 Januari. Setelah menepi dari lapangan tenis selama lima bulan lantaran mengalami cedera, kondisi Murray kini dikabarkan memburuk.

Murray terakhir kali tampil di babak perempatfinal Wimbledon 2017 pada bulan Juli kala berjumpa dengan petenis Amerika Serikat, Sam Querrey. Pada laga tersebut, Murray mendapatkan cedera panggul yang membuatnya tak bisa melanjutkan pertandingan. Sejak saat itu, Murray pun tak pernah lagi berlaga di turnamen resmi.

(Baca juga: Andy Murray dan Novak Djokovic Diragukan Bakal Bersinar pada 2018)

Lima bulan telah berlalu sejak insiden tersebut, kondisi Murray pun sempat membaik. Bahkan pada November 2017, mantan petenis nomor satu dunia itu sempat bertanding melawan Roger Federer di sebuah laga ekshibisi yang dihelat di Glasgow.

Usai laga tersebut, Murray pun melakukan latihan pramusim di Miami. Namun demikian, saat sedang memfokuskan diri menyambut turnamen 2018, cedera yang dialami Murray justru kambuh lagi. Murray pun segera terbang ke kampung halamannya.

Meski sampai saat ini Murray belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kondisinya, namun banyak pihak menilai kebugaran petenis 30 tahun itu tengah terganggu. Meski Murray memiliki keinginan kuat bisa turut serta dalam Australia Open 2018 guna membayar kekecewaannya di musim ini, namun hal tersebut kini menjadi sulit terealisasi.

Mantan petenis nomor satu Britania Raya, Greg Rusedski pun memberikan saran kepada Murray untuk tidak turut serta dalam gelaran Australia Open 2018. Menurutnya, jauh lebih penting mengembalikan kebugaran hingga dalam kondisi 100%, ketimbang harus tampil tidak maksimal dan memiliki kemungkinan menambah parah cederanya.

“Murray adalah sebuah tanda tanya. Saya kira cederanya cukup serius. Saya akan menjadi sangat terkejut bila melihat dia tampil di Australia Open –benar-benar terkejut- karena cedera pinggul yang dimilikinya, bersama dengan semua cedera dan operasi yang telah dilaluinya di masa lalu. Jadi, ini akan lebih sulit untuk membuatnya kembali,” jelas Rusedski, menyadur dari Mirror, Sabtu (23/12/2017).

“Saran saya kepada Andy adalah jangan kembali bertanding sampai kondisi Anda 1005 siap. Jangan terburu-buru kembali. Dia harus melihat gambaran para petenis yang kembali dari cedera jangka panjang – (Roger) Federer absen selama enam bulan, Rafa (Rafael Nadal) absen menepi tiga bulan,” pungkas Rusedski.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini