nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadwal Wakil Indonesia di Laga Pamungkas Fase Grup Dubai Superseries Final 2017

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 15 Desember 2017 10:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 15 40 1830700 jadwal-wakil-indonesia-di-laga-pamungkas-fase-grup-dubai-superseries-final-2017-FecQqHLNS8.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: PBSI)

DUBAI – Tiga pasangan Indonesia masih harus menjalani partai terakhir di fase penyisihan grup Dubai Superseries Final 2017. Tugas berat menghinggapi wakil Indonesia di nomor pasangan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Maklum saja, pasangan peraih enam gelar superseries itu harus memastikan kelolosannya ke semifinal di laga terakhir.

Di laga penentuan, Marcus/Kevin akan berhadapan dengan ganda putra asal China, Li Junhui/Liu Yuchen. Marcus/Kevin diwajibkan untuk menang dengan skor besar atau lawan harus diberikan poin seminimal mungkin. Namun, kemenangan itu tak serta merta mengamankan posisinya untuk lolos ke semifinal.

(Baca juga: Tontowi/Liliyana Girang Pastikan Tiket Semifinal di Dubai Superseries Final 2017)

Kemenangan pasangan yang kerap disapa Minions itu harus bergantung pada pertandingan lainnya yang mempertemukan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) dengan Mads Pieler Kolding/Mads Conrad-Petersen. Sebab jika pasangan asal Jepang yang kini berada di puncak klasemen Grup A gagal menang dengan straight game atas Duo Mads, peluang Marcus/Kevin tertutup untuk lolos ke babak selanjutnya.

Melihat sang lawan, Junhui/Yuchen, Marcus/Kevin memiliki rekor pertemuan yang terbilang cukup baik dengan unggul empat kemenangan berbanding satu milik pasangan ranking tiga dunia tersebut. Di pertemuan terakhir keduanya di Hong Kong Open 2017, peraih gelar All England 2017 itu mampu mengalahkan pasangan asal China tersebut dengan pertarungan hingga rubber game.

Berbeda dengan tugas yang diemban oleh Marcus/Kevin, pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, telah dipastikan lolos ke babak semifinal. Namun, di pertandingan terakhir saat bertemu dengan Wang Yilyu/Huang Dongping, keduanya akan berebut posisi juara Grup B di nomor ganda campuran.

(Baca juga: Kalah di Laga Kedua Dubai Superseries Final 2017, Marcus/Kevin Kecewa)

Pertarungan kedua pasangan baru terjadi dua kali. Bahkan dalam dua pertemuan antara Tontowi/Liliyana dengan Yilyu/Dongping selalu terjadi pertarungan yang sengit di mana kedua laga berakhir dengan rubber game. Namun, Tontowi/Liliyana mampu mengamankan kemenangan di laga terakhir saat keduanya bertemu di Kejuaraan dunia BWF pada 2017.

Sementara, pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto telah dipastikan tersingkir dari ajang Dubai Superseries Final 2017. Sebab pasangan yang resmi dipisah pada 2018 itu telah menelan dua kekalahan. Namun, Praveen/Debby masih harus menjalani laga terakhir mereka melawan pasangan asal Jepang, Kenta Kazuno/Ayaka Kurihara.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini