nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Semenanjung Korea Memanas, AS Tetap Tampil di Olimpiade Musim Dingin 2018 Korsel

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 10 Desember 2017 17:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 10 43 1828121 meski-semenanjung-korea-memanas-as-tetap-tampil-di-olimpiade-musim-dingin-2018-korsel-yn8lGgy0Rw.jpg Atlet Olimpiade Musim Dingin AS (Foto: AFP)

WASHINGTON – Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC), Scott Blackmun, menyatakan mereka akan tetap mengirimkan full team-nya untuk tampil pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, 9-25 Februari 2018. Pasalnya muncul beragam kabar bahwa pihak Gedung Putih masih mempertanyakan keikutsertaan Amerika Serikat untuk tampil di tempat tetangga Korea Utara itu.

Pemikiran ini muncul karena situasi di Korea Selatan saat ini kurang terjamin untuk keamanan para atlet Amerika Serikat. Sebab, Korea Utara kerap meluncurkan rudal ke negara-negara tetangganya, termasuk Korea Selatan. Hal inilah yang memicu kekhawatiran bagi pihak Negeri Paman Sam.

Bahkan pihak Gedung Putih melalui Sekretaris Pers yakni Sarah Sanders, pemerintah belum membuat keputusan resmi soal keikutsertaan mereka pada Olimpiade Musim Dingin 2018. Tetapi pemerintah Amerika Serikat tetap mengharapkan para atlet mereka bisa berlaga.

Baca juga Kasus Doping, Rusia Dilarang Berpartisipasi di Olimpiade Musim Dingin 2018

Hal itu pun dibenarkan Blackmun, bahwa isu tersebut muncul karena masalah miskomunikasi saja. Sebab, sesuai komitmen mereka, setiap atlet yang memilik kesiapan secara fisik maupun hukum pasti akan tetap dikirim. Ia juga mengatakan tidak ada sponsor atau atlet Olimpiade yang mengemukakan kekhawatiran tentang keselamatan di Korea Selatan, meski ada ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

“Saya pikir hanya ada beberapa miskomunikasi tentang maksud tersebut. Kami akan membawa tim ke Pyeongchang, kecuali jika secara fisik atau hukum memang tidak memungkinkan,” ungkap Blackmun, mengutip dari Reuters, Minggu (10/12/2017).

“Kami 100% berkomitmen pada atlet kami mengenai hal itu. Kami akan membawa satu tim (penuh) dan tampli seperti halnya 100 negara lain,” tambahnya.

Korea Selatan terpilih menjadi tuan rumah setelah berhasil menyingkirkan dua pesaingnya yakni Jerman dan Prancis. Olimpiade Musim Dingin tahun ini juga akan memainkan 15 cabang olahraga yang terbagi dalam 102 nomor pertandingan. Cabang olahraga bergengsi seperti Hoki Es, Figure Skating, Freestyle Skiing, Ski Jumping dan Speed Skating akan turut dimainkan. Selain itu 85 negara sudah dipastikan akan berpartisipasi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini