Image

5 Pebulu Tangkis Terhebat Sepanjang Sejarah, Nomor 2 dan 3 Asal Indonesia

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 19:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 40 1826867

OLAHRAGA bulu tangkis memang menjadi salah satu permainan yang paling terkenal di dunia di belakang sepakbola. Dari olahraga yang menggunakan raket itu, terlahir beberapa seniman yang terampil memainkan raket dan shuttle cock itu.

Okezone telah merangkum lima pebulu tangkis terhebat sepanjang masa yang dikutip dari D Sport, Kamis (7/12/2017). Berikut lima pebulu tangkis yang terbilang memiliki prestasi yang sangat hebat dalam bidang bulu tangkis setelah mereka mencatatkan prestasi yang cukup baik di sepanjang kariernya.

5. Gao Ling

Pebulu tangkis ganda asal China, Gao Ling, masuk ke dalam jajaran atlet tepok bulu yang memiliki pretasi mentereng sepanjang sejarah. Gao Ling menjadi pebulu tangkis wanita yang bermain di nomor ganda paling sukses dalam sejarah.

Gao Ling memiliki empat gelar saat kejuaraan dunia bulu tangkis dan menjadi pebulu tangkis wanita di sektor ganda yang paling banyak tampil di final Olimpiade yakni empat kali. Saat menjadi juara dunia, Gao Ling mengoleksi tiga gelar di sektor ganda putri dan berhasil meraihnya saat berpasangan dengan Huang Sui pada 2001, 2003, dan 2006. Sementara satu medali lainnya didapatkan di sektor ganda campuran bersama Zhang Jun (2001).

Dari empat penampilannya di final, Gao Ling meraih dua medali emas dan masing-masing satu medali perak serta perunggu. Dua medali emas itu didapatkan Gao Ling saat tampil di sekotr ganda campuran pada Olimpiade 2000 dan 2004. Gao Ling/Huang Sui juga berhasil mengoleksi enam gelar All England secara beruntun pada 2001 hingga 2006.

4. Lee Chong Wei

Pebulu tangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei, juga berhasil menjadi atlet yang paling sukses dalam sejarah tepok bulu itu. Chong Wei mampu tampil sebanyak tiga kali beruntun dalam ajang Olimpiade itu yakni pada 2008, 2012, dan 2016. Sayangnya ia hanya puas dengan koleksi tiga medali perak.

Berkat prestasinya dalam olahraga bulu tangkis, Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak, menyebut Chong Wei sebagai pahlawan nasional dan mendapatkan gelar Dato’. Chong Wei juga berhasil menjadi satu-satunya pebulu tangkis Malaysia yang pernah mencicipi posisi ranking satu dunia dan bertahan selama 199 minggu sejak 21 Agustus 2008 hingga 14 Juni 2012.

3. Rudy Hartono

Pebulu tangkis asal Indonesia, Rudy Hartono, menjadi salah satu atlet tepok bulu yang paling diperbincangkan pada era 70 hingga awal 80-an. Rudy mampu mengoleksi delapan gelar dari All England di mana tujuh medalinya berhasil ia dapatkan secara beruntun pada 1968 sampai 1974 sementara satu gelar lainnya didapatkan pada 1976.

Rudy juga mampu mengoleksi gelar Olimpiade saat bertarung di Jerman pada tahun 1972. Sementara gelar juara dunia berhasil diperoleh Rudy pada 1980 yang kala itu bermain di Indonesia tepatnya Jakarta.

2. Taufik Hidayat

Pebulu tangkis tunggal putra asal Indonesia, Taufik Hidayat, menjadi salah satu yang tercatat sebagai atlet tepok bulu yang paling fenomenal. Taufik berhasil mengoleksi enam gelar Indonesia Open yang didapatkannya pada 1999, 2000 2002, 2003, 2004, dan 2006.

Selain koleksi enam gelarnya, Taufik juga berhasil menjadi pemain yang mampu merebut gelar Olimpiade pada 2004 yang digelar di Athena, Yunani. Pada 2005, Taufik menggenapkan koleksi gelarnya dengan menjadi juara dunia. Bahkan di kejuaraan dunia, Taufik mengoleksi semua medali yakni masing-masing satu emas dan perak serta dua perunggu.

Di Asian Games, Taufik juga berhasil mengoleksi tiga medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Lalu 2 medali emas, satu medali perak, dan tiga perunggu di Piala Thomas. Terakhir yakni dua medali emas yang disumbangkannya melalui SEA Games.

1. Lin Dan

Pebulu tangkis tunggal putra asal China, Lin Dan, dijuluki Super Dan oleh rivalnya asal Denmark, Peter Gade. Gade menganggap baha Lin Dan adalah pemain tunggal yang paling sukses dan paling dikenal banyak orang dari seluruh dunia.

Dia dijuluki Super Grand Slam karena telah mengoleksi setiap gelar dari sembilan turnamen bergengsi di ajang bulu tangkis. Kesembilan turnamen itu adalah medali di Olimpiade, kejuaraan dunia, Piala Dunia (turnamen yang diadakan oleh IMG dan telah berakhir pada 2006), Piala Thomas, Piala Sudirman, Final Superseries, All England, Asian Games, dan kejuaraan dunia Asia.

Koleksi dari sembilan gelar itu berhasil didapatkan oleh Lin Dan saat ia masih berusia 28 tahun. Lin Dan juga menjadi satu-satunya pebulu tangkis yang berhasil mempertahankan gelar juaranya di dua ajang Olimpiade pada 2008 dan 2012.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini