Image

Ini Sejumlah Masalah yang Dihadapi Vinales di Musim Perdananya Bersama Yamaha

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 22:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 38 1826881 ini-sejumlah-masalah-yang-dihadapi-vinales-di-musim-perdananya-bersama-yamaha-aXnh2DiZES.jpg Maverick Vinales (Foto: laman resmi MotoGP)

FIGUERES – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, membeberkan usaha adaptasinya di klub yang bermarkas di Lesmo, Italia. Sebelum bersama Yamaha, Vinales mengenyam dua musim bersama Suzuki Ecstar. Pada musim 2016, Vinales mampu menempati urutan keempat dengan koleksi 202 poin.

Saat memutuskan untuk bergabung dengan Yamaha, Vinales mengaku harus beradaptasi dengan tunggangannya. Bahkan pembalap berkebangsaan Spanyol itu menyadari betapa sulitnya bisa mengontrol laju motornya. Namun hasil di musim perdananya bersama Tim Garpu Tala itu terbilang cukup baik.

(Baca juga: Suzuki Melempem di Musim 2017, Ini Komentar Maverick Vinales)

Top Gun –julukan Vinales– berhasil menutup musim di posisi tiga pada klasemen akhir pembalap MotoGP 2017 dengan 230 poin. Meski mencatatkan penampilan impresif, Vinales mengaku mengalami masalah di pertengahan musim. Salah satu masalah yang paling sulit untuk diatasi adalah kecocokan grip dengan ban di bagian depan motor.

“Ya. Memang saya mengalami adaptasi yang sulit di beberapa race. Motor sempat berhenti diberikan pengembangan dari para kru. Maka Anda harus mulai membenahi cara balapan Anda. Tapi saya yakin di 2017, kami telah menemukan beberapa informasi dan saya harap kami bisa memperbaikinya di musim depan (2018),” jelas Vinales, mengutip dari Marca, Kamis (7/12/2017).

“Bagi saya, masalah yang paling besar pada ban. Kami akhirnya harus bekerja ekstra untuk membuat kecocokan ban dengan motor. Saya melihat apa yang kami lakukan tidak bekerja di paruh kedua. Saya mengendarai gaya balapan yang terbilang berbeda dari apa yang sering saya tampilkan saat di Inggris dan hasilnya cukp mengejutkan. Padahal saya tidak memberikan penampilan saya sebanyak 100%,” tambah Vinales.

(Baca juga: Tunggangi Motor MotoGP, Alex Marquez Tiru Strategi sang Kakak dan Dani Pedrosa)

Meski hanya menduduki posisi tiga di akhir musim 2017, nyatanya hasil yang diraih Vinales jauh lebih baik dibandingkan rekan setimnya, Valentino Rossi. Rossi yang sempat absen saat balapan di San Marino akibat cedera hanya menempati urutan kelima dengan koleksi 208 angka. Padahal torehan itu hanya berjarak dua poin dari yang dimiliki oleh Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang berada di tangga keempat.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini