Image

Tampil Menurun sejak Pertengahan hingga Akhir MotoGP 2017, Vinales Dapat Pembelaan dari Kepala Krunya

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 15:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 38 1826735 tampil-menurun-sejak-pertengahan-hingga-akhir-motogp-2017-vinales-dapat-pembelaan-dari-kepala-krunya-Lwp0nc2jSD.jpg Maverick Vinales (Foto: twitter resmi Yamaha)

LESMO – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, sempat mencuat namanya di awal musim 2017. Bergabung dengan salah satu tim kenamaan di ajang MotoGP nyatanya tak membuat Vinales gentar untuk tampil baik. Padahal saat itu Vinales harus bersaing dengan rekan setimnya yang telah melegenda di MotoGP, Valentino Rossi.

Pembalap yang pindah dari Suzuki Ecstar itu mampu menguasai dua balapan perdana musim 2017. Vinales mampu berdiri di podium tertinggi saat balapan di MotoGP Qatar dan Argentina. Sayangnya setelah menguasai dua balapan, prestasi Vinales seakan menurun. Hal tersebut langsung ditanggapi oleh chief crew Vinales di Yamaha, Ramon Forcada.

(Baca juga: Berkarier di MotoGP 2018, Ini Impian Takaaki Nakagami)

Forcada menyebut bahwa penampilan Top Gun –julukan Vinales– menurun akibat ban baru yang tidak begitu cocok dengan grip di bagian depan motor. Padahal Forcada menjelaskan bahwa motor Yamaha telah menunjukkan kecepatannya. Bahkan Forcada tak segan menyebut bahwa ban dari pabrikan asal Prancis itu cukup menyulitkan mereka di musim 2017.

“Sejak diperkenalkan elektronik motor, kami memiliki sedikit ruang yang baik untuk melakukan manuver. Sekarang kami membutuhkan pembalap yang mau belajar bagaimana bermain dengan ban yang bisa berubah di beberapa kondisi,” ujar Forcada, mengutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (7/12/2017).

“Kami memiliki daya tarik yang baik dengan jenis ban tertentu. Saat mengganti jenis ban di bagian depan, kami terpaksa melakukan beberapa perubahan pada motor agar motor kami bisa beradaptasi dengan ban baru. Sayangnya kami kehilangan tarikan di tengah musim. Michelin telah mengubah ban belakang dan itu agak sedikit rumit bagi pembalap,” tambahnya.

(Baca juga: Naik Kelas ke MotoGP, Takaaki Nakagami Cerita soal Awal Mula Kariernya)

Terlepas dari berbagai masalah yang dihadapi Vinales di musim perdananya mentas bersama Yamaha, pembalap asal Spanyol itu mampu duduk di peringkat tiga pada klasemen akhir MotoGP 2017 dengan koleksi 230 poin. Torehan tersebut didapatkan Vinales dengan mengemas tiga podium tertiggi serta masing-masing dua kali keluar sebagai runner-up dan duduk di posisi tiga.

Hasil yang diraih Vinales lebih baik dibandingkan Rossi. Rossi hanya menempati urutan kelima pada klasemen akhir pembalap dengan koleksi 208 angka.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini