Image

FIA Desak F1 GP Brasil Perbaiki Tingkat Keamanan Balapan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 14:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 37 1826691 fia-desak-f1-gp-brasil-perbaiki-tingkat-keamanan-balapan-8ymG0k3v5G.jpg Lewis Hamilton (Foto: AFP)

PARIS – Federasi Automotif International (FIA) mendesak penyelenggara Formula One (F1) Brasil yang berlangsung di Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo melakukan sesuatu. Pasalnya sirkuit yang sebelumnya bernama Interlagos itu telah menimbulkan berbagai reaksi pada gelarannya musim ini.

Sejumlah kecelakaan parah terjadi di F1 GP Brasil yang diadakan pada 12 November 2017 itu. Salah satunya adalah Lewis Hamilton yang mengalami kecelakaan di sesi kualifikasi satu. Alhasil ia tak mampu melanjutkan sesi kualifikasi tersebut dan memulai balapan dari posisi 20.

 Selain itu kecelakaan yang menimpa para pembalap di sesi balapan telah menimbulkan perdebatan. Kejadian itu pun membuat FIA melakukan rapat pada Selasa 5 November 2017 dengan Dewan Motorsport Dunia dan menghasilkan beberapa rekomendasi.

Baca juga Serius Ingin Hengkang dari F1 Musim 2021, Ferrari Layangkan Kembali Ancamannya kepada Liberty Media

Hasil rekomendasi menyatakan bahwa pakar keamanan di lintasan tersebut harus melakukan evaluasi. Hal ini dilakukan agar sejumlah insiden yang terjadi di musim ini tidak terjadi. Beberapa pembalap selain Hamilton yang mengalami insiden adalah Esteban Ocon, Kevin Magnussen, Stoffel Vandoorne.

“Ahli keamanan independen diharapkan mengevaluasi dan memberi saran mengenai hal keamanan. Selain itu menerapkan police reporting di sirkuit dan memperbaiki keseluruhan komunikasi antara pendukung promotor, polisi dan pemangku kepentingan F1,” tulis pernyatan FIA, mengutip dari Skysports, Kamis (7/12/2017).

Baca juga Adakan Pertemuan di Jenewa, FIA Rilis Kalender F1 Musim 2018

“Dewan Motorsport Dunia sangat mendesak promotor untuk menerapkan rekomendasi ini dan memperbaiki situasi menjelang acara tahun depan,” tambah pernyataan tersebut.

Musim ini, pembalap Tim Ferrari yakni Sebastian Vettel tampil gemilang dengan menduduki podium pertama pada F1 GP Brasil 2017. Sementara Hamilton yang sudah memastikan diri merengkuh gelar juara dunia, tampil luar biasa dengan naik 16 posisi dan mengakhiri balapan di posisi keempat.

Pada musim depan, GP Brasil kembali menjadi dua seri terakhir F1 2108 yang akan berlangsung di Sirkuit Jose Carlos Pace, pada 11 November 2018. Meski menjadi dua seri terakhir, tapi GP Brasil akan menjadi seri ke-20 F1 2018.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini