Image

Jusuf Kalla Sebut Asian Games 2018 sebagai Bentuk Investasi Bangsa

Reni Lestari, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 06 43 1826054 jusuf-kalla-sebut-asian-games-2018-sebagai-bentuk-investasi-bangsa-tUoiO0WnpU.jpg Jusuf Kalla sebut Asian Games sebagai investasi bangsa. (Foto: Reni Lestari/Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama Asian Games 2018 dengan para sponsor swasta. Ada sembilan sponsor swasta yang menandatangani kerjasama untuk mensponsori pelaksanaan Asian Games 2018.

Dalam pidatonya, JK mengatakan, pagelaran olahraga sebesar Asian Games merupakan investasi jangka panjang infrastuktur olahraga di Tanah Air. Contohnya, jika Indonesia tidak menjadi tuan rumah Asian Games 1962, maka Stadion Gelora Bung Karno tidak akan dibangun.

"Kita menyelenggarakannya baru sekali, Thailand tiga kali, China tiga kali juga, dan setiap penyelenggaraan olahraga dalam skala besar itu mendorong sinergi, kerja sama dan kebanggaan nasional, sehingga bisa dicapai prestasi yang baik," kata JK di kantornya, Rabu (6/12/2017).

Untuk penyelenggaraan Asian Games, pemerintah mengeluarkan dana sekira Rp10 triliun untuk perbaikan venue dan fasilitas olahraga. Biaya yang besar tersebut diharapkan bisa mendongkrak prestasi dan banyak keuntungan lainnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan 4 Gelanggang Olahraga Baru Asian Games 2018

"Biaya besar dikeluarkan, tapi itu bentuk investasi, ini kayak GBK zaman dulu sekarang masih diwarisi sebagai bagian dari infrastruktur bangsa kita," lanjutnya.

JK menjelaskan, pembiayaan Asian Games dibagi menjadi tiga, yaitu infrastruktur, pelayanan atlet dan untuk meningkatkan prestasi.

"Maka kita harapkan suatu partisipasi nasional, baik dalam prestasi maupun dalam penyelenggaraan, saya terima kasih kepada semua yang tandatangani komitmen bersama INASGOC, sebesar USD57 juta atau Rp 760 miliar yang bervariasi mulai 500 ribu sampai 10 juta dollar," jelas dia.

Sementara itu, sembilan perusahaan swasta yang menandatangani kerjasama sponsorship Asian Games 2018 antara lain Grab Indonesia, Astra International, PT Amerta Indah Otsuka, Ssyangyong Information and Communication Corporation, Aqua, Samsung, Indofood, Sinarmas dan Alfamart.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini