Ingin Melihat Kesiapan Venue, PB PRSI Adakan Test Event Renang Jelang Asian Games 2018

Nanda Karlita, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 16:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 04 43 1824926 ingin-melihat-kesiapan-venue-pb-prsi-adakan-test-event-renang-jelang-asian-games-2018-tMDGQN8ZSs.jpg Arena Asian Games 2018. (Foto: Nanda Karlita/Okezone)

JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) menggelar Test Event Road to Asian Games 2018 pada 5-15 Desember 2017. Acara tersebut berlangsung di Aquatics Stadium, Gelora Bung Karno, Jakarta, yang baru saja selesai dan diresmikan pada awal Desember 2017.

Ajang ini tentu menjadi salah satu persiapan para atlet kenamaan Indonesia untuk berlaga di Asian Games 2018. Tak hanya itu, ajang ini menjadi salah satu kegiatan untuk melihat seberapa siap venue jelang Asian Games 2018 sekaligus kesiapan para panitianya.

Nantinya Test Event Road to Asian Games 2018 ini akan mempertandingkan empat cabang olahraga (cabor) yakni renang artistik, loncat indah, polo air, dan kelas Masters. Dari keempat cabor dan satu spesial event tersebut sekira 2.000 atlet telah terdaftar untuk mengikuti test event kali ini.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan 4 Gelanggang Olahraga Baru Asian Games 2018

Menurut Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo, turnamen ini akan memberikan ajang latihan bagi para atlet Indonesia dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi Asian Games 2018. Apalagi para peserta yang ikut serta dalam ajang ini juga dari berbagai negara di Asia sehingga para atlet Tanah Air bisa menjadikan event ini sebagai ajang latihan.

"Ada empat cabang sekaligus satu spesial event yakni kelas masters di mana cabang ini diikuti oleh berbagai atlet yang berusia 30 tahun ke atas. Ini menjadi ajang latihan bagi para atlet renang sebelum berlaga di Asian Games 2018 nanti. Begitu juga panitianya. Kami mengikutsertakan para panitia yang nantinya juga akan bertugas di Asian Games 2018," kata Harlin saat konferensi pers, Senin (4/12/2017).

"Ada berbagai negara juga yang ikut seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, India, dan Thailand. Begitu juga dari Korea Selatan dan Singapura. Jadi dengan keikutsertaannya atmosfer Asian Games-nya sudah terasa," tambahnya.

Begitu juga penuturan Ketua Pelaksana Test Event kali ini, Wisnu Wardhana. Menurut Wisnu, ajang kali ini juga merupakan salah satu kewajiban yang diberikan INASGOC (panitia penyelenggara Asian Games 2018). Hal tersebut dimaksudkan untuk melihat sejauh mana venue sudah siap digunakan.

"Event ini juga kami buat atas dasar inisiasi dari INASGOC. Jadi kami tidak semata-mata mengadakan acara ini sendirian. Karena mereka ingin melihat kesiapan atlet dan terutama venue jelang Asian Games nanti," tambah Wisnu.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini