SPORTPEDIA: Dominasi China di Superseries 2017 Nomor Ganda Campuran

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 27 November 2017 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 27 40 1821150 sportpedia-dominasi-china-di-superseries-2017-nomor-ganda-campuran-GQsWrve13c.jpg Huang Yaqiong/Zheng Siwei (Foto: AFP)

TIM bulu tangkis China memang nampaknya kehabisan pebulu tangkis handal. Setelah era nama-nama bekan macam Bao Chunlai, Lin Dan, serta Xie XingFang, Tim China tetap mampu menunjukkan dominasinya sebagai kekuatan utama bulu tangkis di dunia.

Hal tersebut terbukti dengan kebergasilan Tim Bulu Tangkis China memboyong 16 gelar Superseries sejauh ini. Uniknya, delapan dari 16 gelar superseries yang diperoleh Tim China sejauh ini hadir dari nomor ganda campuran.

Baca Juga: SPORTPEDIA: Hanya Zhang Nan/Fu Haifeng, Wakil China yang Unggul Head-to-Head atas Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya

Ya, nomor tersebut memang nampaknya menjadi nomor andalan bagi Tim China untuk menyumbangkan gelar Superseries, sembari menanti munculnya Lin Dan baru di nomor tunggal putra atau suksesor Xie XingFang di nomor tunggal putri –yang sebenarnya merupakan nomor andalan Tim China.

Adalah pasangan, Zheng Siwei/Huang Yaqiong sebagai pemasok gelar terbanyak dalam nomor ganda campuran untuk China dalam serangkaian ajang Superseries tahun ini. Pasangan Zheng/Huang sendiri baru dipasangkan ketika serangkaian ajang Superseries tahun ini digelar.

Sebelum diduetkan dengan Huang Yaqiong, Zheng Siwei berpasangan dengan Chen Qingchen. Begitu juga dengan Huang Yaqiong, yang sempat berpartner dengan Lu Kai. Keputusan mengubah pola pasangan di nomor ganda campuran itu, memang sempat mendapatkan kritikan.

Baca Juga: SPORTPEDIA: Dimitrov Juara, Roger Federer Masih Petenis Tersukses di ATP Finals

Terlebih, Zheng Siwei maupun Huang Yaqiong sebenarnya tampil cukup luar biasa bersama pasangan mereka sebelumnya dengan mampu menyumbangkan titel juara Superseries untuk Tim China. Namun nyatanya ketika keduanya dipasangkan, Zheng Siwei/Huang Yaqiong justru tampil lebih ganas.

Mereka mampu keluar sebagai juara dalam dua ajang Superseries teranyar atau tepatnya pada China Open dan Hong Kong Open. Zheng/Huang berpeluang menambah titel juara mereka, lantaran bakal ambil bagian dalam Masters Finals yang bakal digelar di Abu Dhabi dalam waktu dekat ini.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini