nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awali Tour de Singkarak 2017, 103 Pembalap dari 19 Tim Ramaikan Kompetisi

ant, Jurnalis · Sabtu 18 November 2017 11:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 18 43 1816288 awali-tour-de-singkarak-2017-103-pembalap-dari-19-tim-ramaikan-kompetisi-0G2Rw96wIY.jpg Tour de Singkarak

TANAH DATAR - Sebanyak 103 pembalap dari 19 tim mengawali kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017 di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu yang tahun ini memasuki edisi ke sembilan.

Pada balapan tahun ini, semua pebalap yang hadir akan dihadapkan dua tantangan besar yaitu lintasan yang menantang juga dihadapkan dengan kondisi cuaca tidak menentu bahkan cenderung hujan.

Meski demikian, semua pebalap mengaku sudah siap untuk menghadapi kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata itu. Seperti yang dikatakan salah satu pebalap Indonesia yang memperkuat Sapura Pro Cycling Team Malaysia, Aiman Cahyadi.

"Semoga di balapan ini bisa meraih hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Balapan adalah ladang saya untuk mencari rezeki," kata pebalap asal Bandung, Jawa Barat itu.

Tidak hanya Aiman, Dadi Suryadi yang memperkuat Terengganu Cycling Team Malaysia juga mengaku siap untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Apalagi pebalap asal Sumedang ini merupakan juara bertahan untuk kategori pebalap Indonesia terbaik TdS.

"Semoga saya bisa mengulangi prestasi tahun lalu. Target saya mampu mempertahankan red jersey," kata pebalap yang diproyeksikan bisa memperkuat Indonesia pada Asian Games 2018 itu.

Sesuai dengan rencana, TdS 2017 etape satu akan menempuh jarak 109,3 km dari Istano Pagaruyung Tanah Datar dan finis di Pantai Padang. Karakter lintasan etape pertama ini cenderung cocok untuk karakter pebalap dengan spesialisasi sprint.

Disepanjang etape pertama terdapat tiga titik sprint tepatnya di Simabur (km 17), Padang Panjang (km 35,9) dan di Lubuk Alung (km 73,3). Dengan kondisi tersebut persaingan bakal berlangsung dengat ketat karena dipastikan pebalap akan dalam rombongan besar.

Hanya saja TdS tahun ini tidak diikuti juara bertahan asal Iran, Amir Kolahdozhagh. Namun, persaingan justru dinilai akan lebih ketat. Apalagi juara tiga kali TdS, Ghader Mizbani kembali turun gunung bersama Tabriz Team yang dikenal memiliki pebalap komplet.

TdS 2017 menempuh jarak lebih dari 1.000 km yang terbagi dalam sembilan etape. Ada 19 tim yang terlibat langsung pada balapan yang akan finis di Bukittinggi itu.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini