Image

Debut Gemilang, Lifter Putri Indonesia Raih 3 Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Berat

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 14:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 43 1814459 debut-gemilang-lifter-putri-indonesia-raih-3-emas-di-kejuaraan-dunia-angkat-berat-HFXu7NLmoI.jpeg Yanto Arifin dan Widari. (Foto: PABBSI)

PRAGUE - Lifter Putri, Widari membuat debut gemilang dengan mempersembahkan tiga medali emas pada Kejuaraan Dunia Angkat Berat di Pilsen Republik Ceko 13-18 November 2017. Ia sukses meraih tiga kategori yakni Bench Press, Dead Lift dan Angkatan Skuad.

Putri asal Kalimantan Timur itu turun di kelas 47 kilogram. Dari tiga kategori pada Bench Press, Widari membuat total angkatan tertinggi 135 kilogram, kemudian Dead Lift 180 kilogram, sedangkan sedangkan di jenis angkatan Squad ia menempati peringkat ketiga 160 kilogram. Total angkatan yang dibuat  lifter putri Kalimantan  timur tersebut yakni 475 kilogram.

Untuk medali perak angkatan di kelas 47 kilogram, diraih lifter asal Jepang yakni Fukushima 472,5 kilogram dan Perunggu Lifter Rusia Sitdikova 440 kilogram. Manajer Tim Yanto Arifin, mengaku bangga dengan pencapaian Widari pada debut perdananya di kejuaraan Dunia.

“Widari merupakan pendatang baru. Sejak awal saya sudah memprediksi dia mampu membuat kejutan,” ungkap Yanto Arifin yang juga merupakan ketua Bidang Angkat Berat PB. PABBSI, lewat rilis yang diterima Okezone, Kamis (15/11/2017).

Keikusertaan Indonesia pada kejuaraan Dunia Angkat Berat didukung penuh oleh PB PABBSI ( Persatuan Angkat Besi-Binaraga- Angkat Berat Seluruh Indonesia). Bahkan kedepannya ia berharap, atlet angkat berat bisa mendapatkan apresiasi agar bisa lebih berprestasi lagi di olahraga dunia.

“Saya sangat berterima kasih dengan ketua umum yang sangat peduli dengan angkat berat, sehingga bisa memberangkatkan kami ke kejuaraan dunia ini. Kami juga mengajukan permohonan ke Kemenpora tapi belum ada jawaban,”tambah Yanto Arifin.

Angkat Berat memang belum sepopuler Angkat Besi. Kendati demikian, angkat berat masuk dalam ajang World Games . Indonesia berpotensi bersaing di ajang World Games, bahkan lifter putri, Imas Kartika yang turun di kelas 52 kilogram meraih perak di jenis angkatan Dead lift 185 kilogram. Sedangkan lifter putra Dony Meiyanto di kelas -74 kilogram  meraih satu perak dan satu perunggu, di jenis angkatan Dead lift dan Squat.

Sementara ini, Tim Angkat Berat Indonesia meraih 3 emas, 2 perak, dan 2 perunggu melampaui pencapaian Kejuaraan serupa di Orlando Ametika Serikat pada 2016. Kala itu atlet Angkat Berat meraih 2 emas 2 perak dan 1 perunggu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini