nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SPORTPEDIA: Bukan Casey Stoner atau Valentino Rossi, Ini Pembalap Pencetak Fastest Lap di Sirkuit Phillip Island

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 12:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 19 38 1798422 sportpedia-bukan-casey-stoner-atau-valentino-rossi-ini-pembalap-pencetak-fastest-lap-di-sirkuit-phillip-island-bVWkkTQnpT.jpg Lorenzo (kiri) pencetak fastest lap di Phillip Island. (Foto: AFP/Paul Crock)

VALENTINO Rossi dan Casey Stoner adalah rajanya Sirkuit Phillip Island, arena seri ke-16 MotoGP 2017 yang berlangsung pada Minggu 22 Oktober 2017 siang WIB. Sepanjang kiprahnya di kelas MotoGP, baik Rossi dan Stoner sama-sama mengemas enam kemenangan.

Rossi melakukannya pada 2001-2005 dan 2014, sedangkan Stoner (2007-2012). Akan tetapi jika ditanya siapa pencetak fastest lap di lintasan yang dikelilingi pantai itu, bukan Stoner atau The Doctor –julukan Rossi– jawabannya.

Sosok yang dimaksud ialah mantan jagoan Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo. X-Fuera –julukan Lorenzo– melakukannya pada 2013, atau tepatnya di sesi kualifikasi.

BACA JUGA: SPORTPEDIA: Sebelum Didominasi Casey Stoner, Pembalap Italia Kampiun MotoGP Australia

Saat itu catatan pemegang tiga gelar juara dunia MotoGP yakni 1 menit 27,899 detik dan membuatnya start dari pole position. Performa impresif Lorenzo di sesi kualifikasi juga dilanjutkan di balapan sebenarnya.

Memulai balapan dari baris terdepan, Lorenzo tidak terbendung sejak lap pertama. Alhasil, pembalap yang kini menunggangi motor Ducati finis di posisi terdepan dengan unggul 6,9 detik dari Dani Pedrosa (Repsol Honda) di posisi dua.

BACA JUGA: SPORTPEDIA: Di Kelas MotoGP, Casey Stoner Kalahkan Valentino Rossi di Phillip Island Australia

Itu merupakan satu-satunya kemenangan Lorenzo di Phillip Island, semenjak naik ke kelas MotoGP pada 2008. Mungkinkah Lorenzo kembali menang akhir pekan nanti? Peluang itu ada asalkan konsistensi ditunjukkan Lorenzo sedari sesi latihan bebas yang berlangsung Jumat 20 Oktober 2017.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini