Image

Ducati Punya Catatan Apik di MotoGP Jepang, Capirossi Jadi Tokoh Utamanya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 16:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 38 1794834 ducati-punya-catatan-apik-di-motogp-jepang-capirossi-jadi-tokoh-utamanya-ya0DeFL8wY.jpg Loris Capirossi (Foto: AFP)

MOTEGI – Akhir pekan ini, tepatnya pada Minggu 15 Oktober 2017, gelaran MotoGP 2017 akan memasuki seri ke-15 yang mana akan dihelat di Sirkuit Motegi, Jepang. Dari sekian tim yang akan berlaga, nyatanya sejarah mencatat bahwa Ducati Corse merupakan salah satu tim yang memiliki performa memuaskan kala berlaga di MotoGP Jepang.

Bila selama ini banyak pihak yang menilai bahwa MotoGP Jepang hanya dikuasai oleh tim  yang berasal dari negara tersebut, yakni Honda dan Yamaha saja, maka sejarah membuktikan bahwa Ducati juga sempat memiliki era kejayaanya sendiri di MotoGP Jepang. Hal tersebut mulai terjadi pada musim 2005, di mana Loris Capirossi menjadi tokoh utamanya.

(Baca juga: Jelang MotoGP Jepang, Andrea Dovizioso Yakin Bisa Duduki Podium Tertinggi)

Capirossi sebenarnya sudah bergabung bersama Ducati pada 2003. Di musim 2003, kala itu MotoGP Jepang dihelat di Sirkuit Suzuka dan dipercaya sebagai arena pembuka kejuaraan MotoGP. Sebagai rekrutan anyar, Capirossi pun langsung tancap gas di arena balap untuk buktikan kulaitasnya.

Hasilnya pun memuaskan, bagaimana tidak, di balapan pertamanya bersama Ducati, yakni kala mentas di Suzuka, Capirossi sudah langsung menginjakkan kakinya di atas podium lantaran finis di posisi ketiga. Pada 2004, Sirkuit Motegi dipilih menggantikan Suzuka untuk menghelat MotoGP Jepang.

Perubahan tersebut nyatanya menjadi berkah tersendiri bagi Ducati. Bagaimana tidak, pasalnya pada 2005, Capirossi berhasil mengukir kemenangan pertamanya di Motegi. Sejak saat itu, Capirossi selalu memenangkan balapan di Motegi secara berturut-turut hingga 2007.

Namun yang lebih mengesankan lagi pada 2007, selain suksesnya Capirossi menjadi pemenang di Motegi, rekan setimnya kala itu, Casey Stoner, juga dinobatkan sebagai juara dunia di sirkuit tersebut, meskipun masih menyisakan tiga balapan lagi pada waktu itu.

Kendati demikian, pada 2008 harus disayangkan karena Capirossi angkat kaki dari Tim Ducati dan bergabung dengan Suzuki. Ducati baru mampu menyabet kemenangan lagi di Motegi adalah pada 2010, di mana kali ini Stoner yang mencatatkan namanya sebagai yang tercepat.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini