Image

SPORTPEDIA: 7 Musim Terakhir, Hanya Casey Stoner yang Tembus Dominasi Rider Spanyol di MotoGP Jepang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 13:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 38 1794664 sportpedia-7-musim-terakhir-hanya-casey-stoner-yang-tembus-dominasi-rider-spanyol-di-motogp-jepang-7isTKwfbAH.jpg Casey Stoner (Foto:AFP)

SIRKUIT Motegi menjadi salah satu lintasan terpenting dalam kompetisi MotoGP. Sirkuit yang terletak di Motegi, Jepang ini menjadi tuan rumah bagi tim papan atas dunia seperti Honda dan Yamaha. Karena itu, banyak rider berlomba-lomba menuai kemenangan mengingat antusiasme fans yang sangat besar di Jepang.

Namun, tahukah Anda bahwa rata-rata pemenang balapan di sirkuit ini adalah pembalap berasal dari Spanyol. Salah satu pembalap yang paling sering menang di sirkuit sepanjang 2,493 kilometer tersebut adalah pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, dengan tiga kemenangan.

Hal serupa juga dicatatkan pembalap Spanyol lain, Jorge Lorenzo, yang meraih tiga kemenangan. Bahkan dalam tujuh musim terakhir, enam pemenang GP Jepang di antaranya dimenangi pembalap asal Spanyol.

Di tengah dominasi rider asal Negeri Matador tersebut, terdapat satu pembalap non-Spanyol yang meraih kemenangan di Sirkuit Motegi dalam kurun tujuh musim terakhir.

Adalah, pembalap Ducati, Casey Stoner, yang tampil gemilang melawan dominasi pembalap asal Spanyol. Pembalap berkebangsaan Australia ini meraih podium teratas di Motegi pada 2010.

Kemenangan Stoner di Motegi bukanlah sebuah hasil yang mudah diraih. Pembalap yang kini berusia 31 tahun tersebut mendapatkan perlawanan sengit dari Andrea Dovizioso yang dahulu masih membela panji Repsol Honda.

Selain Dovizioso, rider andalan Yamaha, Valentino Rossi juga turut memberikan perlawanan berat dengan upaya mengamankan kemenangan di Jepang. Meski pada akhirnya pembalap asal Italia tersebut harus puas finis di urutan ketiga dalam balapan itu.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini