Image

Hiroshi Aoyama, Rider Jepang yang Pernah Kalahkan Stoner dan Pedrosa di Sirkuit Motegi

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 23:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 38 1794245 hiroshi-aoyama-rider-jepang-yang-pernah-kalahkan-stoner-dan-pedrosa-di-sirkuit-motegi-dVMGk7LtOb.jpg Hiroshi Aoyama (Foto: AFP)

MOTEGI – Mantan pembalap MotoGP, Hiroshi Aoyama, menjadi rider asal Jepang yang keluar sebagai pemenang di Sirkuit Motegi. Aoyama menjadi pemenang di Motegi saat berkiprah di kelas Moto2.

Aoyama merajai lintasan dengan panjang 4,8 km itu pada 2006. Padahal saat itu, pembalap yang kini berusia 35 tahun itu memulai balapan dari grid kedua yakni posisi empat.

(Baca juga: Menang di MotoGP Jepang 2008, Valentino Rossi Pastikan Gelar Juara Dunia Ke-6)

Di musim tersebut, Aoyama mampu melaju dengan cukup baik meski memiliki jarak waktu yang cukup sempit. Alex de Angelis menjadi rider yang menempati posisi kedua dengan selisih 1,3 detik dengan Aoyama.

Begitu juga dengan jarak waktu yang dimiliki oleh Jorge Lorenzo yang menempati urutan ketiga. Pembalap yang kini telah mengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP itu terpaut 4,3 detik jarak waktu dengan Aoyama.

(Bac ajuga: Samai Torehan Valentino Rossi, Marc Marquez Pastikan Gelar Juara Dunia MotoGP 2016 dengan Kemenangan di Motegi)

Tak hanya 2006, sejatinya Aoyama juga telah mencicipi podium tertinggi di musim sebelumnya (2005). Saat itu, Aoyama mampu tampil trengginas, sebab ia juga meraih pole position saat kualifikasi dan berhak memulai balapan dari posisi terdepan.

Saat itu, Aoyama berhasil menjuarai GP Jepang dengan mengasapi dua pembalap kenamaan MotoGP. Di posisi dua ada Dani Pedrosa. Sementara di urutan tiga ada Casey Stoner yang juga mencatatkan raihan podium pertamanya di Jepang.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini