Image

Balapan di Motegi, Marc Marquez Satu-satunya Pembalap yang Raih Podium Tertinggi di Semua Kelas

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 38 1794215 balapan-di-motegi-marc-marquez-satu-satunya-pembalap-yang-raih-podium-tertinggi-di-semua-kelas-ZF9hOpfMxC.jpg Marc Marquez juara di Motegi pada 2016 (Foto: AFP)

PEMBALAP Tim Repsol Honda, Marc Marquez, merupakan pembalap yang menjuarai balapan MotoGP Jepang di semua kelas yang digelar di Motegi. Kemenangan pertama pembalap asal Spanyol itu terjadi di kelas 125 cc (saat ini setara dengan kelas Moto3) pada 2010.

Saat itu, Marquez bernaung di Tim Derbi. Kemenangan di MotoGP Jepang juga menyumbangkan poin tambahan bagi The Baby Alien –julukan Marquez– dan membawanya sebagai juara dunia 125 cc.

(Baca juga: Samai Torehan Valentino Rossi, Marc Marquez Pastikan Gelar Juara Dunia MotoGP 2016 dengan Kemenangan di Motegi)

Musim berikutnya, Marquez gagal tampil dengan baik saat balapan di Sirkuit Motegi pada kelas Moto2. Menjalani musim perdananya di Moto2 (2011), pembalap berusia 24 tahun itu hanya menempati urutan dua dikalahkan Andrea Iannone.

Namun di musim berikutnya (2012), Marquez merajai sirkuit dengan panjang 4,8 km itu. Ia mengalahkan Pol Espargaro yang duduk di posisi dua sementara di urutan ketiga ada Tito Rabat.

Setelah dua musim berlaga di kelas Moto2, Marquez s naik kasta ke kelas tertinggi MotoGP pada 2013. Namun di musim perdananya, pembalap yang telah mengoleksi tiga gelar juara dunia itu gagal juara di Motegi.

Pada 2013, Marquez hanya menempati posisi runner-up dan dikalahkan Jorge Lorenzo (saat itu masih bersama Yamaha). Kejadian terulang di musim berikutnya (2014). Marquez kembali kalah dari Lorenzo dan puas dengan posisi kedua.

(Baca juga: SPORTPEDIA: Sirkuit Motegi Jepang, Makanan Empuk Rider Asal Spanyol)

Sementara di musim 2015, Marquez hanya menempati urutan keempat dan merelakan rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang menduduki podium tertinggi. Raihan podium pertama Marquez di Motegi terjadi pada musim lalu (2016).

Memulai balapan dari posisi dua, Marquez mengasapi Andrea Dovizioso (Ducati Corse) dan Maverick Vinales (saat itu masih bersama Suzuki Ecstar) yang menempati urutan dua dan tiga secara berurutan. Bahkan kemenangan pertama Marquez di Motegi di kelas MotoGP membuatnya memastikan gelar juara dunia MotoGP ketiganya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini