Image

Digelar di Sirkuit Motegi, Makoto Tamada Jadi Satu-satunya Rider Jepang yang Raih Kemenangan

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 14:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 38 1794014 digelar-di-sirkuit-motegi-makoto-tamada-jadi-satu-satunya-rider-jepang-yang-raih-kemenangan-DMJcSMCxbr.jpg Makoto Tamada menjuarai MotoGP Jepang 2004 (kanan) (Foto: AFP)

MOTOGP Jepang 2017 akan segera digelar pada Minggu 15 Oktober siang WIB. Sirkuit Motegi akan menjadi tempat diselenggarakannya balapan motor paling bergengsi di dunia itu yang sebelumnya digelar Sirkuit Suzuka.

Suzuka menjadi venue digelarnya MotoGP Jepang sejak 1987 hingga 2001 meski saat 1999 sempat dipindah selama satu musim ke Motegi. Di Motegi, pembalap tuan rumah agaknya tak berkutik di tengah dominasi rider asal Eropa.

(Baca juga: MotoGP Jepang Digelar di Sirkuit Suzuka, Valentino Rossi Rajanya)

Sejak ditetapkan sebagai penyelenggara tetap MotoGP Jepang pada 2004, hanya ada satu nama pembalap tuan rumah yang menjadi jawara di sirkuit dengan panjang 4,8 km itu. Dia adalah Makoto Tamada. Kemenangan Tamada ditorehkannya pada musim 2004.

Bahkan prestasinya bisa terlihat saat sesi kualifikasi. Tamada berhasil mengunci pole position dan berhak memulai balapan dari posisi terdepan. Tampil konsisten, Tamada mengunci kemenangan di akhir balapan.

Saat itu, Tamada mengasapi rider tersohor MotoGP saat ini, Valentino Rossi. The Doctor –julukan Rossi– hanya menjadi runner-up dan di tempat ketiga diisi rider Jepang lainnya, Shinya Nakano.

(Baca juga: Jelang Balapan di MotoGP Motegi, Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa Jalan-Jalan di Jepang)

Namun sayang, raihan tersebut tak bisa dipertahankan oleh Tamada di tahun berikutnya. Di musim 2005, Tamada hanya duduk di podium ketiga di belakang Loris Capirossi sebagai juara dan Max Biaggi di posisi dua.

Bahkan selepas dua raihan podium di dua musim beruntun itu, Tamada seakan tenggelam. Pada 2006, Tamada hanya berada di posisi 10 dan urutan ke-12 pada musim berikutnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini