Image

SPORTPEDIA: Sirkuit Motegi Jepang, Makanan Empuk Rider Asal Spanyol

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 12:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 38 1793957 sportpedia-sirkuit-motegi-jepang-makanan-empuk-rider-asal-spanyol-RGS33BxeeI.jpg Marc Marquez dan Dani Pedrosa (Foto:AFP)

SIRKUIT Motegi menjadi salah satu lintasan terpenting dalam kompetisi MotoGP. Sirkuit yang terletak di Motegi, Jepang ini menjadi tuan rumah bagi tim papan atas dunia seperti Honda dan Yamaha. Oleh sebab itu, banyak rider yang berlomba-lomba menuai kemenangan mengingat antusiasme fans yang sangat besar di Jepang.

Namun, tahukah Anda siapa pembalap yang paling sering menang kala mengaspal di sirkuit Negeri Sakura tersebut? Adalah rider Repsol Honda, Dani Pedrosa yang kerap langganan menjadi pemenang kala melintas di sirkuit sepanjang 2,493 kilometer tersebut.

Selama enam musim terakhir, Dani Pedrosa meraih tiga kemenangan. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu mengamankan podium pertama pada musim 2011, 2012 dan 2015. Hasil ini tentunya menjadi sebuah kado spesial mengingat Motegi adalah tanah kelahiran Honda.

Sementara itu pembalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo, juga sempat dua kali membukukkan namanya sebagai pemenang di Sirkuit Motegi yakni pada musim 2013 dan 2014, terhitung dalam enam musim terakhir. Namun, kala itu pembalap berjuluk X-Fuera tersebut masih berseragam Yamaha.

Sedangkan pembalap muda Repsol Honda, Marc Marquez, juga sempat membukukan namanya di Motegi pada musim 2016. Saat itu The Baby Allien resmi menyandang gelar juara dunia MotoGP 2016 di sirkuit ini setelah sukses bersaing dengan Valentino Rossi dan Lorenzo yang gagal finis karena terjatuh.

Jika dilihat, Sirkuit Motegi ini dimenangkan para pembalap Spanyol selama enam tahun terakhir. Hadirnya pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales, menambah daya saing para rider Spanyol di Motegi. Pasalnya pembalap berjuluk Top Gun itu menjadi salah satu pembalap yang diunggulkan untuk meraih kemenangan pada akhir pekan ini.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini