nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perpanjang Kontrak, GP China Jadi Tuan Rumah F1 hingga 2020

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 16:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 29 37 1785632 perpanjang-kontrak-gp-china-jadi-tuan-rumah-f1-hingga-2020-IJ3BQhC5qa.jpg Persaingan antarpembalap Formula One (F1) di lintasan (Foto: Reuters / Laszlo Balogh)

SHANGHAI – Sirkuit Internasional Shanghai, China diperpanjang kontraknya menjadi salah satu seri balapan Formula One (F1) hingga 2020. Debut Grand Prix (GP) China di ajang jet darat itu sudah dimulai sejak September 2004.

Namun berdasarkan laman resmi F1, pada tahun depan GP China akan dilangsungkan pada 15 April 2018. Hal itu dikarenakan bertukar jadwal dengan GP Bahrain yang dimulai pada 8 April 2018.

Baca juga: Gandeng Renault, Boullier: McLaren Akan Membuktikan Tajinya Musim 2019

Petinggi F1, Chase Carey, mengaku senang dengan terpilihnya kembali GP China di kalender F1. Ia pun menyakini Negeri Tirai Bambu itu dapat menjadi tuan rumah yang baik dan memperkenalkan F1 lebih luas ke mata dunia.

“Kami sangat senang bisa mencapai kesepakatan yang akan membuat Grand Prix Formula 1 China berlangsung sebagaimana jadwal di Kejuaraan Dunia Formula 1 setidaknya untuk tiga tahun lagi. Negara hebat ini telah mendemonstrasikan pertunjukan luar biasa untuk kepentingan olahraga kami dan kami sangat yakin bahwa masih ada potensi yang belum terekspos di sini,” kata Carey, mengutip dari laman resmi F1, Jumat (29/9/2017).

“Itulah mengapa kesepakatan yang diperbarui ini begitu penting sebagai bagian dari strategi pengembangan kami, khususnya di bagian ini pada dunia,” sambungnya.

Baca juga: Miliki Sponsor Utama, Red Bull Gandeng Aston Martin Musim Depan

Sementara itu, Pemimpin Shanghai Juss Sports Development (Group), Jiang Lan, menyampaikan balapan di Sirkuit Shanghai berjalan terorganisir dengan baik sejak debutnya pada 2004. Ia pun menyebut GP China sebagai salah satu seri paling prestisius dan diakui para pembalap F1.

“Sejak debut Shanghai pada 2004, GP China telah menjadi pertunjukan olahraga otomatif untuk China. Namun, di sisi lain juga menjadi agenda untuk seluruh penggemar otomotif di Asia Pasifik dan global,” ungkap Jiang.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini