Lakukan Perubahan Musim 2018, Pirelli Siapkan Ban Berukuran Lebih Besar dan Lembut

Pirelli (Foto:AFP)

Pirelli (Foto:AFP)

SINGAPURA – Produsen ban asal Italia, Pirelli, mengkonfirmasi bahwa ban yang akan digunakan dalam Formulan One (F1) musim 2018 akan jauh lebih lembut ketimbang ban yang digunakan pada musim 2017.

Di tengah perdebatan mengenai sistem aerodinamika baru mereka musim ini, Pirelli diam-diam merancang ban yang lebih lebar dengan tujuan agar mampu bertahan lebih lama. Hal tersebut memungkinan para pembalap untuk melaju lebih cepat dan lebih lama daripada sebelumnya.

Baca Juga:

(Bantu Rekannya Kembali Menuju F1, Rosberg Gabung Manajemen Kubica)

Namun beberapa pihak telah mengkritik desan ban baru yang dibuat Pirelli. Bahkan ada yang menilai bahan keras yang dimiliki Pirelli sama sekali tidak berguna.

“Ban keras sangat tidak tepat untuk mobil balap generasi kini. Sehingga saya tidak melihat satu pun pembalap yang ingin menggunakannya pada mobil,” terang bos teknis Force India, Andy Green, menyadur dari F1 Today, Minggu (17/9/2017).

Baca Juga:

(Jalin Kemitraan Baru, Toro Rosso Gandeng Honda Tentukan Pembalap Musim 2018)

Mendengar kritikan yang diberikan Green, Kepala Pirelli, Mario Isola, menjelaskan mengenai rencana ban Pirelli untuk musim 2018. Menurutnya ban yang lebih lembut memungkinkan tim untuk mendapatkan beberapa pilihan strategis.

“Semuanya akan berubah sampai batas tertentu. Apa ultra soft akan berubah menjadi super soft musim depan. Atau super soft akan berubah menjadi ban soft model terbaru. Tentu saja kami harus selalu mengembangkan ban ultra soft kami. Kami harus melakukan tes di Abu Dhabi,” ucap Isola.

(lsk)