Image

Sebelum Dorong Motor di Lap Terakhir, Zarco Sudah Tergopoh-gopoh di Tikungan Misano

Karina Nur Shabrina, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017, 05:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 16 38 1777106 sebelum-dorong-motor-di-lap-terakhir-zarco-sudah-tergopoh-gopoh-di-tikungan-misano-8uTSZEFtB9.jpg Johann Zarco (Foto: Andreas Solaro/AFP)

MISANO – Pembalap andalan Tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco, harus mengalami insiden unik sekaligus menyakitkan dalam gelaran Grand Prix (GP) San Marino 2017. Tampil di Sirkuit San Marino, Zarco kehabisan bensin saat race digelar Minggu 10 September 2017 malam WIB.

Lebih hebat lagi, rookie asal Prancis itu tetap mengakhiri balapan dengan mencuri poin, meski harus berjuang keras mendorong motor seberat 160 kilogram hingga menyentuh garis finis. Menyelesaikan race di urutan 15, Zarco pun puas mengunci satu poin dengan aksi heroiknya.

Pembalap berusia 27 tahun itu menceritakan kronologi hingga akhirnya ia harus mendorong motor nomor 5 andalannya. Zarco berujar dirinya mulai menyadari ada masalah saat melaju di tikungan 11 lap akhir pada balapan di sirkuit sepanjang 4,2 km itu.

Hingga akhirnya, motor andalan nomor 5 miliknya benar-benar tidak bisa dinyalakan di tikungan terkahir. Zarco pun harus turun dari motor dan berlari mendorong YZR-M1 andalan Yamaha itu agar bisa menyentuh garis finis secara resmi.

Sebelum mendorong motor, akun Twitter resmi MotoGP telah membagi video yang menunjukkan detik-detik motor sang rider habis bensin total. Secara perlahan, Zarco mulai menyadari motornya melambat.

Ia pun terpaksa ‘mendayung’ M1 miliknya dengan harapan bisa terus melanjutkan balapan yang saat itu tinggal mengakhiri lap terakhir. Dengan hasil itu, Zarco sendiri kini tetap berada di urutan keenam klasemen sementara GP 2017. Koleksi 110 poin hingga seri ke-13 ini, pembalap yang menjalani debut di panggung MotoGP 2017 itu memiliki selisih 40 poin dari Dani Pedrosa di tangga keempat.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini