SPORTPEDIA: Meski Jumlah Kemenangan Bertambah, Koleksi Poin Marc Marquez di MotoGP 2017 Lebih Kecil ketimbang Musim Lalu

Marquez alami penurunan poin. (Foto: Facebook MotoGP)

Marquez alami penurunan poin. (Foto: Facebook MotoGP)

MARC Marquez memimpin klasemen sementara MotoGP 2017. Setelah melewati 13 seri, The Baby Alien –julukan Marquez– mengoleksi 199 angka. Raihan 199 poin sebenarnya identik dengan koleksi Andrea Dovizioso (Ducati Corse).

Dalam jumlah kemenangan pun, Marquez dan Dovi sama-sama mengemas empat podium teratas. Yang membedakan keduanya ialah kemampuan finis di tangga kedua. Marquez tiga kali menyelesaikan balapan di posisi dua, sedangkan Dovi hanya satu kali.

BACA JUGA: SPORTPEDIA: Absen 2 Seri Belum Seberapa, Valentino Rossi Pernah 4 Kali Gagal Start di MotoGP 2010

Kemenangan di empat seri membuat Marquez melewati pencapaian musim lalu hingga 13 seri. Di 13 seri awal MotoGP 2016, The Baby Alien “hanya” tiga kali menang.

Sebut saja di Amerika Serikat, Argentina dan Jerman. Namun, jika melihat koleksi poin secara keseluruhan, raihan Marquez musim lalu lebih tinggi ketimbang musim ini. Musim lalu pada 13 race awal, juara dunia tiga kali kelas MotoGP itu mengemas 223 poin.

BACA JUGA: SPORTPEDIA: Di Jajaran The Big Four, Hanya Djokovic yang Ungguli Nadal

Koleksi poin Marquez musim lalu lebih tinggi karena tampil konsisten. Pada 13 seri perdana di 2016, Marquez selalu menyentuh garis finis. Bahkan ia hanya empat kali menyelesaikan balapan di luar podium.

Musim ini? Marquez sudah tiga kali gagal finis. Selain itu rider berusia 24 tahun juga lima kali tidak menyelesaikan balapan. Karena itu jika ingin mempertahankan gelar juara yang diraih musim lalu, Marquez wajib tampil konsisten di sisa musim.

Apalagi di MotoGP 2017, Marquez mendapat persaingan ketat dari Dovizioso dan Maverick Vinales yang tampil konsisten. Hal itu berbeda ketimbang musim lalu, yang mana dua pesaing utama Marquez saat itu, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tampil inkonsisten.

(Ram)