Pertama Kali, Panjat Tebing Dipertandingkan di POPNAS 2017

Panjat tebing dilangsungkan di kompleks Stadion Manahan. (Foto: Bramantyo/Okezone)

Panjat tebing dilangsungkan di kompleks Stadion Manahan. (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Cabang olahraga (Cabor) panjat tebing untuk pertama kali dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV 2017 yang digelar di Jawa Tengah pada 10- 21 September di Semarang. Khusus pertandingan panjat tebing, digelar di Stadion Manahan Solo pada 13-16 September 2017.

Hal itu pun dikonfirmasi Ketua Bidang Kompetisi PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Rudy Fitrianto. "Ini pertandingan perdana panjat tebing masuk POPNAS. Alhamdullilah, semoga mampu menghasilkan bibit baru di dunia panjat tebing," jelas Rudi, di Solo, Rabu (13/9/2017).

Cabor panjat tebing yang baru digelar ini diikuti 101 atlet dari 22 Provinsi di Indonesia. Ada beberapa nomor yang dipertandingkan. Technical meeting telah dilakukan pada Selasa 12 September 2017 kemarin dan dilanjutkan dengan practice untuk nomor speed.

"Pesertanya adalah para pelajar dengan umur maksimal 18 tahun," terang Rudi.

Pemilihan Stadion Manahan Solo sebagai lokasi pertandingan menurut Rudy, karena venue panjat tebing di Stadion Solo yang paling siap dibanding wilayah lain.

"Dalam speed world record perorangan putra diikuti oleh 29 atlet putra dan 19 atlet putri dari beberapa Provinsi di Indonesia," pungkasnya.

(Ram)