Turun Kasta ke Kelas Moto2, Sam Lowes Targetkan Kembali ke MotoGP di Saat yang Tepat

Sam Lowes (Foto: Laman Resmi MotoGP)

Sam Lowes (Foto: Laman Resmi MotoGP)

FAENZA – Belum lama ini kabar kurang menyenangkan hadir untuk pembalap kepunyaan Tim Aprilia, Sam Lowes. Pasalnya, meski kompetisi balap MotoGP 2017 belum berakhir, tetapi Aprilia telah memutuskan untuk tidak menggunakan jasa Lowes pada MotoGP 2018.

Keputusan tersebut dibuat setelah Lowes tak kunjung menunjukkan penampilan apik di kelas balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. Bagaimana tidak, dari 13 balapan yang telah dilakoninya  sepanjang musim ini, Lowes baru mengemas dua poin dan menempatkannya di posisi ke-25 klasemen pembalap sementara.

(Baca juga: Turun Kasta ke Intermediate Class Musim Depan, Sam Lowes Bertekad Juarai Moto2 2018)

Hasil tersebut jelas bukan sesuatu yang patut dibanggakan. Raihan poin Lowes itu bahkan lebih sedikit ketimbang para pembalap cadangan tim lain. Sebut saja Mika Kallio dari Tim KTM yang mengemas enam poin dan Michele Pirro dari Tim Ducati dengan torehan 18 angkanya.

Tak ayal Lowes pun harus turun kasta ke ajang Moto2 pada musim depan. Kendati demikian, pembalap asal Inggris itu menargetkan tak ingin berlama-lama berada di kelas Moto2. Sebisa mungkin, pada musim berikutnya, yakni MotoGP 2019, ia sudah harus berlaga lagi di MotoGP. Namun, Lowes juga sadar bahwa ia harus melakukan banyak pembenahan terlebih dahulu.

“Saya akan jujur, untuk masa depan, untuk kembali, itu pasti situasi yang tepat, dan saya perlu memperbaiki dan memperolehnya. Jika tidak, saya akan bertahan di Moto2 dan mencoba menjadi juara dunia, itu tujuan saya,” ujar Lowes, mengutip dari Motorsport, Kamis (14/9/2017).

“MotoGP adalah hal yang sulit untuk banyak alasan, dan jika saya kembali, saya menginginkannya pada situasi yang tepat. Jika tidak, saya akan tetap berada di Moto2. Tentu saja tujuannya adalah untuk menjadi kompetitif, memenangkan kejuaraan dan mendapatkan pilihan untuk kembali ke MotoGP,” pungkas Lowes.

(fmh)