Menakjubkan! Mercedes F1 Temukan Mesin yang Hemat Efisiensi Panas Pertama di Dunia

Mercedes (Foto:AFP)

Mercedes (Foto:AFP)

BRACKLEY – Mesin Mercedes AMG Petronas Formula One (F1) kabarnya telah mencapai suatu prestasi yang besar dalam dunia otomotif. Mereka kabarnya mencapai sesuatu hal penting saat melakukan dyno tes di pabrik Brixworth beberapa waktu lalu.

Dari hasil penelitian, produsen mesin asal Jerman ini berhasil memecahkan penghalang efisiensi termal (panas) sebanyak 50% untuk pertama kalinya. Kemajuan Mercedes ini diperkirakan telah membuat M08 EQ Power + mesin balap yang dinilai paling efisien di dunia.

Baca Juga:

(Sukses Lewati Rekor Schumacher, Hamilton: Saya Ingin Mengunjunginya)

Sebelumnya, efisiensi termal telah menjadi fokus utama dalam pembangunan mesin modern. Hal tersebut dihitung berdasarkan jumlah energi bermanfaat yang dapat dihasilkan dari sejumlah masukan panas tertentu.

Pada era turbo Hybrid F1, masalah ini menjadi sangat penting. Pasalnya, komite memberikan batasan yang sangat ketat terhadap penggunaan bahan bakar yang hanya mencapai 105 kilogram untuk setiap balapan.

Baca Juga:

(Honda Terancam Didepak McLaren, Petinggi F1: Semoga Mereka Tetap di Sini Tahun Depan)

Sebagaimana diberitakan Eurosport, Rabu (13/9/2017), sekarang Mercedes menemukan teknologi yang sukses mendekati tingkat efisiensi termal yang dicapai mesin diesel. Walaupun turbun gas dapat menghasilkan efisiensi lebih dari 60%.

Mercedes menggambarkan pencapaian dalam memproduksi lebih banyak tenaga daripada jumlah energi buangan, merupakan sebuah tonggak sejarah yang luar biasa untuk mesin hibrida mana pun. Terutama bagi mesin balap di lintasan datar.

(lsk)