'Ceraikan' Honda, McLaren Disebut Bakal Bangun Mesin Sendiri

Tim McLaren (Foto: AFP)

Tim McLaren (Foto: AFP)

WOKING – Sejak Tim McLaren memutuskan untuk kembali menjalin kerja sama dengan Honda, performa mereka memang mengalami kemunduran yang signifikan. Bahkan dalam dua musim terakhir, Tim McLaren tak mampu tampil kompetitif.

Jangankan untuk bisa bersaingan dalam perburuan titel juara konstruktor di klasemen F1, untuk setidaknya menyumbangkan pembalapnya berada di podium pada balapan saja mereka kerap menemukan kesulitan.

(Baca juga: Terkait Kerja Samanya dengan Honda, Bos McLaren: Kami Akan Putuskan dalam Waktu Dekat!)

Situasi tersebut memunculkan rumor bahwa manajemen Tim McLaren takut menyudahi kerja samanya dengan Honda, lantaran pabrikan asal Jepang tersebut memiliki peran besar terhadap pemasukan finansial McLaren sejauh ini.

Mengetahui kondisi tersebut lantas mendapatkan komentar langsung dari Executive Director Tim McLaren, Zak Brown. Ia pun mengakui bahwa terdapat sebuah rencana berani dari Tim McLaren untuk bisa membangun mesin sendiri untuk mereka.

(Baca juga: McLaren Diisukan Bakal Gandeng Renault, Alonso: Semoga Mereka Berikan Mesin yang Lebih Baik)

“Kami sedang menjajaki regulasi mesin yang akan berlaku pada 2021, dan mempertimbangkan apakah kami akan membangun mesin sendiri, atau menunggu opsi-opsi dari pemasok baru,” ucap Brown, seperti disadur dari Motorsport, Minggu (10/9/2017).

“Untuk saat ini, fokus kami masih tertuju pada tiga tahun ke depan. Jika itu sudah rampung, maka tentu kami harus melihat-lihat lagi. Sebab, Membangun mesin sendiri, itu belum pernah kami lakukan sebelumnya. Jadi kami harus tahu lebih awal dan modal yang cukup,” tuntas pria asal Inggris tersebut.

(mrh)