Kalahkan Del Potro, Nadal Melangkah ke Final AS Terbuka 2017

Petenis Spanyol, Rafael Nadal (Foto: AFP)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal (Foto: AFP)

NEW YORK – Petenis tunggal putra asal Spanyol, Rafael Nadal, melangkah ke final Amerika Serikat (AS) Terbuka 2017. Di semifinal, Nadal mengalahkan petenis Argentina, Juan Martin del Potro, melalui pertarungan empat set dengan skor 4-6, 6-0, 6-3, dan 6-2 di Arthur Ashe Stadium, Sabtu (9/9/2017) pagi WIB.

Di awal pertandingan, perolehan poin Nadal terus tertinggal dari Del Potro. Ia pun harus merelakan set pertama untuk keunggulan lawannya tersebut.

Baca juga: Lalui Pertandingan Sengit, Kevin Anderson Melaju ke Partai Final AS Terbuka 2017

Tak ingin kalah, Nadal mencoba mengubah pola permainannya. Petenis berusia 31 tahun itu tampil dominan dengan merebut set kedua dengan keunggulan telak 6-0.

Di set ketiga, Nadal mendapat perlawanan serius dari Del Potro. Namun, beberapa kali pukulan forehand peraih gelar Prancis Open 2017 itu menghasilkan angka untuk mengungguli Del Potro dengan skor 6-3.

Nadal terus tampil menekan sehingga Del Potro tidak bisa mengembangkan permainannya. Nadal pun menyudahi perlawanan juara AS Terbuka 2009 itu dengan skor 6-2 di set keempat.

Dengan hasil itu, Nadal akan menghadapi petenis Afrika Selatan, Kevin Anderson di final AS Terbuka 2017. Sebelumnya, Anderson menaklukkan wakil Spanyol, Pablo Carreno Busta, dengan skor 4-6, 7-5, 6-3, dan 6-4.

(fmh)