nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocoran Wawancara Bos Yamaha Tech 3, Siapkan Dana Rp 159 Miliar jika Ingin Bentuk Tim Satelit di MotoGP

Karina Nur Shabrina, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 08:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 29 38 1765072 bocoran-wawancara-bos-yamaha-tech-3-siapkan-dana-rp-159-miliar-jika-ingin-bentuk-tim-satelit-di-motogp-E0bNpiA6za.jpg Tim Yamaha Tech 3 (Foto: Twitter @Tech3Racing)

BORMES LES MIMOSAS – Bercita-cita tampil sebagai pembalap andal MotoGP? Atau tertarik mengelola sebuah tim satelit yang tampil di ajang balap motor paling prestisius itu? Kali ini, ada fakta menarik terkait pengelolaan keuanga sebuah satellite team.

Melalui wawancara dengan Cycle World, Manajer Tim Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, mengatakan butuh dana berkisar 10 juta euro atau sekira Rp 159 miliar untuk mengelola sebuah tim satelit setiap musimnya. Poncharal menegaskan setidaknya nominal tersebut dibutuhkan oleh timnya.

Bos tim asal Prancis itu mengatakan hampir setengah dari budget tersebut digunakan untuk perawatan motor. Mengusung duo rookie Johann Zarco dan Jonas Folger, Tech 3 sendiri unjuk gigi di MotoGP dengan motor YZR-M1 andalan Yamaha.

Lebih lanjut, Poncharal kembali berujaranggaran 10 juta euro juga termasuk gaji bagi para anggota tim dan juga pengeluaran yang digunakan setiap berkunjung ke negara-negara penyelenggara balapan setiap musimnya.

“Tim satelit menghabiskan 10 juta euro (Rp 159 miliar) setiap musimnya, setidaknya bagi Tech 3. Setengah dari budget digunakan untuk motor. 2,2 juta euro (Rp 35 miliar) untuk sewa kontrak masing-masing pembalap, termasuk perawatan motor ketika kecelakaan,” ungkap Poncharal, dikutip dari Cycle World, Selasa (29/8/2017).

“Setengahnya lagi digunakan untuk membayar gaji 40 anggota tim, logistik tim, biaya pesawat, hotel, perlengkapan, tujuh truk untuk balapan di Eropa, serta biaya mengangkut banyak alat yang dibawa melalui jalur udara untuk balapan luar negeri,” sambungnya.

“Yang paling penting, Anda harus membayar para rider! Gaji mereka menghabiskan banyak biaya. Bahkan, ada tiga hingga empat pembalap MotoGP yang mendapat bayaran lebih dari budget Tech 3 selama satu musim. Saya tentunya tidak bisa membayar mereka,” kelakar Poncharal sambil berbagi rahasia dunia balap.

So, tertarik untuk mengelola sebuah tim satelit dan berkompetisi di lintasan balap dengan tim-tim hebat lainnya? Jangan lupa siapkan miliaran rupiah ya!

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini