Image

Sirkuit Sakhir, Lintasan yang Memiliki Keamanan dan Perlengkapan Medis Terbaik

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017, 07:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 08 37 1710567 sirkuit-sakhir-lintasan-yang-memiliki-keamanan-dan-perlengkapan-medis-terbaik-rrpqb3RBci.jpg Sirkuit Sakhir (Foto: AFP)

SIRKUIT Sakhir menjadi salah satu tempat untuk menggelar balapan Formula One (F1) musim ini. Sirkuit Sakhir sendiri baru memiliki kesempatan untuk bisa menggelar balapan mobil paling bergengsi di dunia itu sejak 2004.

Sirkuit Sakhir sendiri memiliki panjang 5,4 km dan memiliki 15 tikungan. Bahkan pada 2007, pengharagaan sebagai sirkuit yang memiliki keamanan dan perlengkapan medis yang sangat baik oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Namun pada 2011, GP Bahrain sempat terancam untuk ditiadakan. Pembatalan tersebut terkait kerusuhan yang terjadi di Bahrain. Namun FIA menegaskan bahwa GP Bahrain tak serta merta dibatalkan melainkan diundur dan kembali diadakan pada Oktober 2011 yang sebelumnya dijadwalkan akan dilaksanakan pada Juni 2011.

Sejak terpilih menjadi tempat digelarnya F1, tercatat hanya ada dua pembalap yang mampu tampil sebagai juara terbanyak. Mereka adalah Fernando Alonso dan Sebastian Vettel. Sementara itu Michael Schumacher pernah menjadi pemenang di musim perdana sirkuit itu mengadakan F1 yakni 2004.

Musim berikutnya, Alonso sukses mencatatkan diri sebagai pemenang. Lalu pada 2006, pembalap berkebangsaan Spanyol kembali mengulang kesuksesannya. Dua musim merajai Sirkuit Sakhir, Alonso masih bernaung bersama Tim Renault. Terakhir, Alonso meraih podium pertama pada 2010 bersama Ferrari.

Sementara itu, Vettel juga sukses merajai Sirkuit Sakhir di dua musim beruntun yakni pada 2012 dan 2013, kala itu dirinya masih menjadi pembalap di Tim Red Bull-Renault. Sementara raihan podium pertama terbaru pembalap asal Jerman itu diperoleh pada F1 musim 2017 bersama Ferrari.

Dengan demikian, Ferrari menjadi konstruksi yang paling banyak membawa pembalapnya meraih podium pertama. Terlepas dari cerita keperkasaan para pembalap di lintasan, Sirkuit Sakhir memiliki fasilitas yang terbilang sangat baik.

Di lansir dari website resmi Sirkuit Sakhir, para tamu undangan akan mendapatkan tempat duduk terbaik kala menonton race F1. Sehingga para penonton akan dimanjakan dengan jalannya balapan layaknya mereka berada di rumah.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini