Image

LA Lakers Terpuruk, Eks Pelatih Angkat Bicara

Rully Fauzi, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017, 11:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 30 36 1703049 la-lakers-terpuruk-eks-pelatih-angkat-bicara-uUeydFo8Rv.jpg Byron Scott (foto: canyon-news.com)

LOS ANGELES - Sosok Byron Scott tak diragukan lagi merupakan legenda Los Angeles Lakers. Ia adalah pemain kunci Lakers saat meraih tiga titel NBA pada era 1980-an. Namun, kariernya sebagai pelatih Lakers tak secemerlang saat masih jadi pemain.

Pada era Scott, Kobe Bryant sudah berada di pengujung karier dan kerap diganggu cedera. Selain Bryant yang sudah dimakan usia, materi pemain yang dimiliki Scott pun adalah pemain-pemain muda yang belum matang.

Scott tak mampu meracik tim terbaik. Dia akhirnya dipecat pada pertengahan 2016 dan digantikan Luke Walton yang saat itu berstatus sebagai asisten pelatih Golden State Warriors. Terkait pemecatan tersebut, Scott mengaku telah dikhianati, dibohongi, dan ditipu oleh mantan GM Lakers Mitch Kupchak dan eks eksekutif Jim Buss.

Scott juga mengecam manajemen lama Lakers karena dia merasa hanya dipergunakan untuk melatih Bryant pada musim terakhirnya di NBA sebelum dijadikan kambing hitam di balik performa buruk tim.

"Kobe sangat respek kepada saya, jadi dia tak akan menolak saat saya meminta dia melakukan sesuatu. Dasarnya, manajemen lama Lakers cuma menginginkan saya untuk membantu tim melewati dua tahun terakhir Kobe agar dia tak 'mengamuk'. Mereka tahu saya tak akan terintimidasi oleh orang lain," kata Scott, yang menjadi mentor Bryant pada musim debutnya di NBA, yakni pada 1996-1997.

Di bawah kepemimpinan Scott, performa Lakers memang hancur lebur. Musim lalu dan semusim sebelumnya, Lakers gagal menembus fase playoffs bahkan finis di peringkat buncit divisi mereka. Musim ini di bawah Walton, prestasi Lakers pun tak banyak kemajuan. Mereka hanya finis di atas Phoenix Suns yang tampil sebagai juru kunci Wilayah Barat.

(rul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini