Image

Sport Time: 5 Momen Terburuk di Olimpiade Musim Panas

Nanda Karlita, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017, 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 15 43 1691607 sport-time-5-momen-terburuk-di-olimpiade-musim-panas-riyD7MoMYk.jpg Lambang Olimpiade (Foto: Reuters)

AJANG Olimpiade memang selalu menghadirkan cerita menarik di balik kemenangan para atletnya yang bertanding. Kali ini, Okezone akan merangkum lima momen terburuk yang pernah terjadi di gelaran Olimpiade musim panas.

Berikut 5 momen terburuk yang pernah tercatat dalam sejarah Olimpiade mengutip dari Toptenz, Senin (15/5/2017).

1. Pemboikotan Olimpiade pada 1980 dan 1984

Olimpaide musim panas 1980 sejatinya akan digelar di Moskow, Rusia (sebelumnya Uni Soviet). Tahun sebelumnya, Soviet menyerang Afghanistan dan Presiden Amerika Serikat kala itu, Jimmy Carter, berencana tidak akan ikut serta dalam ajang tersebut.

Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan tanggapan Amerika Serikat atas penyerangan yang dilakukan oleh Uni Soviet. Hingga akhirnya, Amerika Serikat menyerukan agar semua negara menyatukan suara dalam pemboikotan Olimpiade 1980.

Pemboikotan juga kembali terjadi pada ajang Olimpiade 1984. Pada tahun tersebut giliran Los Angeles, California. Kali ini, giliran Uni Soviet yang berencana membatalkan ajang empat tahunan tersebut. Beruntung, Olimpiade pada tahun tersebut masih bisa terselenggara dengan jumlah peserta yang lebih sedikit dibanding biasanya.

2. Tragedi Penyanderaan Atlet Israel

Pada Olimpiade 1972, ada kasus terorisme yang menjadi pusat perhatian. Saat itu, Munich, Jerman (kala itu Jerman Barat) menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta empat tahunan tersebut.

Bahkan, ada beberapa atlet Israel yang disandera dan bahkan dibunuh. Beruntung, pihak Kepolisian Jerman mampu menghentikan ancaman terorisme tersebut.

3. Pengeboman di Atlanta

Insiden pengeboman terjadi di ajang Olimpiade Atlanta 1996. Bom tersebut sempat mengganggu jalannya Olimpiade. Insiden tersebut membuat satu orang tewas, dua orang luka berat, dan 111 lainnya luka ringan.

4. Gadis China yang Melakukan Lip-sync

Kejadian ini terjadi saat opening ceremony 2008 di Beijing, China. Ada seorang gadis yang tampil sangat baik. Gadis cilik yang bernama Lin Miaoke bernyanyi ‘Ode to The Motherland’. Saat menyanyikan lagu tersebut, terlihat bibir gadis itu tak sesuai dengan liriknya. Sehingga gadis tersebut ketahuan lip-sync. Meski demikan, para penonton tetap terpukau dengan penampilan anak kecil tersebut.

5. Skandal Steroid

Steroid yang diketahui adalah salah satu doping yang cukup terkenal di dunia olahraga. Pada saat Olimpiade 1960 yang digelar di Roma, Italia, seorang atlet yang menggunakan obat tersebut tertangkap.

Pengendara sepeda asal Denmark, Knud Jensen, itu tertangkap menggunakan amfetamin untuk meningkatkan performanya. Hal tersebut diketahui setelah Jensen mendapat perawatan akibat terjatuh saat lomba dan akhirnya meninggal dunia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini