Image

Keren! Ini Dia Pelari Perempuan Pertama yang Buat Sejarah di Lomba Maraton Boston

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 07:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 20 43 1672040 keren-ini-dia-pelari-perempuan-pertama-yang-buat-sejarah-di-lomba-maraton-boston-WF5ha3EXAr.jpg Kathrine Switzer (Foto: AP)

SOSOK Kathrine Switzer menjadi sangat fenomenal bagi perempuan di dunia olahraga. Betapa tidak, Switzer mampu membuat sejarah dengan menjadi wanita pertama yang secara resmi mengikuti perlombaan Maraton Boston.

Maraton Boston sendiri merupakan perlombaan maraton tertua di dunia dan merupakan salah satu perlombaan paling terkenal di dunia. Pelari amatir dan profesional pun bersaing dalam lomba maraton setiap tahunnya. Begitu pun dengan Switzer.

Pada 1967, Switzer menjadi pelopor perempuan untuk mengikuti perlombaan tersebut untuk pertama kalinya. Dia memberanikan diri untuk mendaftarkan diri karena ia mengatakan tidak aturan resmi bahwa hanya laki-laki yang bisa mengikuti perlombaan tersebut.

Dia berkompetisi sebagai mahasiswa jurnalistik saat masih berusia 20 tahun. Ia pun menjadi wanita pertama yang berhasil menyelesaikan perlombaan tersebut hingga garis akhir.

Pada hari Senin 17 April 2017 lalu, ia mengukit lomba Marathon setelah 50 tahun berlalu. Ia berhasil finis di posisi ke-40 untuk balapannya yang kesembilan kali dengan raihan waktu 4 jam 44 menit 31 detik.

“Apa yang terjadi di jalan Boston 50 tahun lalu benar-benar mengubah hidup saya dan mengubah hidup orang lain. Perlombaan hari ini adalah perayaan 50 tahun terakhir, berikutnya akan menjadi 50 tahun yang berikutnya,” ungkap Switzer, mengutip dari Indy100, Kamis (20/4/2017).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini