Image

Terlilit Kasus Hutang, Bos Force India Ditangkap di Inggris

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 00:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 19 37 1670932 terlilit-kasus-hutang-bos-force-india-ditangkap-di-inggris-ZsC6YioilU.jpg

LONDON – Pebisnis sekaligus CEO Force India F1, Vijay Mallya, kabarnya telah ditangkap oleh kepolisian Inggris. Pengusaha flamboyan tersebut ditangkap pada Selasa 18 April 2017 setelah dituduh melakukan penipuan oleh pemerintah India.

Polisi Metropolitan London menegaskan Mallya ditangkap berdasarkan surat perintah ekstradisi setelah menyerahkan diri di kantor polisi. Pebisnis berusia 61 tahun tersebut telah menjadi buronan kepolisian karena belum membayar utang untuk negara asalnya.

Kala itu Mallya yang mengambil alih pimpinan perusahaan bir Kingfisher milik ayahnya pada 1983 memutuskan untuk membeli saham tim Formula One (F1) dan kriket. Selain itu Mallya juga membangun usaha penerbangan bernama Kingfisher Airlines.

Namun ketika usahanya gagal, Malyya harus mengembalikan USD 1,3 milliar atau setara Rp17 triliun sebagai pinjaman yang belum dibayarkan.

Kala itu kreditur telah berjuang untuk merebut kembali uang dan meminta Mahkamah Agung agar memastikan Mallya tetap berada di negaranya. Namun tampaknya ia telah pergi meninggalkan India. Meski demikian ia membantah meninggalkan negaranya untuk menghindari kreditur.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini