Image

Berawal di Athena, Ini Dia Sejarah Singkat Maraton Dunia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017, 06:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 14 43 1642836 berawal-di-athena-ini-dia-sejarah-singkat-maraton-dunia-iY6qo9OAPo.jpg

OLAHRAGA maraton merupakan salah satu olahraga modern. Maraton pertama kali diselenggarakan secara resmi di Athena pada 1896. Olahraga ini menuntut stamina fisik yang sangat mumpuni, pasalnya olahraga lari satu ini tak hanya mengandalkan kecepatan, namun berfokus kepada jarak tempuh.

Pada Maraton yang diselenggarakan pada 10 April 1896 di Stadion Panathenaic di Athena, sekiranya 17 atlet lari ikut berpartisipasi. Mereka diwajibkan melahap jarak sekira 40 kilometer. Dalam pertandingan ini atlet lari lokal bernama Spiridon Louis berhasil memenangkan pertandingan.

Reputasi maraton semakin melebar di kancah Internasional. Salah satunya dalam Olimpiade 1908 di London. Bisa jadi maraton kali itu merupakan maraton paling terkenal yang pernah ada, pasalnya seorang atlet berkebangsaan Italia, Dorando Pietri pingsan ketika dekat dengan garis finis. Namun, akhirnya ia dibantu melewati garis oleh dua petugas keamanan Inggris.

Posisi runner-up diraih atlet Amerika Serikat, Johnny Hayes. Simpati publik akan usaha dan kerja keras Pietri membuat dirinya dianugerahi medali khusus dari Ratu Inggris. Pada 1897 Maraton kembali diadakan di Boston. Di masa ini olahraga lari jarak jauh tersebut sudah semakin terkenal di dunia. Oleh sebab itu Inggris mendirikan Politeknik Maraton pada 1909.

Hingga saat ini kompetisi maraton semakin diminati para pencinta olahraga. Bahkan ada sekiranya 250 ribu kandidat yang mendaftar dalam acara Olimpiade Maraton London 2016. Menurut sejumlah sumber pada 2010 ada setidaknya 483 pelari yang mengikuti kompetisi di Amerika Serikat, sementara 500 orang mengikuti kompetisi dengan berjalan dari Greenland menuju Antartika pada 2015.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini