Image

Eunice Kennedy Shriver, sang Pengubah Mimpi Atlet Berkebutuhan Khusus di Event Olahraga

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 17 43 1621213 eunice-kennedy-shriver-sang-pengubah-mimpi-atlet-berkebutuhan-khusus-di-event-olahraga-tjZZ5PWVs2.jpg

BANYAK atlet memiliki mimpi untuk bisa tampil di ajang olahraga terakbar di dunia yaitu, Olimpiade. Namun, tidak semua orang bisa membuat mimpinya menjadi nyata karena memiliki keterbatasan seperti penyandang disabilitas.

Sosok Eunice Kennedy Shriver, mampu mengubah mimpi para penyandang disabilitas untuk menciptakan mimpinya di ajang olahraga. Pada Juni 1962, ia pertama kali mengadakan acara untuk orang berkebutuhan khusus di perkemahan di Portomac, Maryland. Acara ini diadakan karena kepedulian Shriver kepada saudaranya yaitu Rosemary Kennedy.

Tak pelak, acara tersebut diadakan setiap tahun lewat foundation presiden Amerika Serikat, John F Kennedy dan Shriver sendiri. Beragam universitas dan lembaga sosial juga turut menggelar acara serupa.

Pada 1968, acara perkemahan itu mengadakan event layaknya Olimpiade. Bahkan, ada 1.500 atlet Amerika Serikat dan Kanada yang turut ambil bagian. Event ini pun ditetapkan menjadi ajang dua tahunan sejak Juli 1968. Alhasil, penggunaan kata Olimpiade mendapatkan legitimasi dari Komite Olimpiade Amerika Serikat pada 1971.

Enam tahun kemudian, kompetisi multi-event itu akhirnya diakui oleh Komite Olimpiade Internasional. Akhirnya pada 1997, Paralimpiade dibuka untuk peserta di seluruh dunia. Dublin menjadi tuan rumah pertama di luar Amerika Serikat untuk ajang tersebut. Tercatat, ada 7.000 atlet dari 150 negara yang turut bertanding di 18 cabang olahraga

Kini, Olimpiade spesial yang idenya berasal dari Shriver itu telah diikuti  21 cabang olahraga. Ia sendiri meninggal dunia pada Agustus 2009 di usia 88 tahun.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini