Image

Peran Pembalap F1 Tak Sepenting Dahulu

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017, 01:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 02 37 1608088 peran-pembalap-f1-tak-sepenting-dahulu-onKIZiQBog.jpg

MARANELLO Menjadi pembalap Formula One (F1) mungkin merupakan salah satu mimpi dari sekian anak kecil. Memacu mobil dengan kecepatan tinggi serta dikelilingi kemewahan membuat banyak pihak ingin menjadi pembalap dan beradu cepat di ajang F1.

Namun harus diakui bahwa seiring berjalannya waktu, para pembalap bukan lagi sosok sentral dalam sebuah kemenangan tim. Mantan presiden Ferrari, Luca Montezemolo, percaya akan hal itu.

Baginya, pembalap zaman sekarang hanya memiliki peran 20 dari total 100% faktor kemenangan sebuah tim. Sisa 80% yang dimiliki berasal dari para teknisi yang mampu meracik performa mobil.

“Nilai dari seorang pembalap kian menyusut dari tahun ke tahun,” ujar Montezemolo, seperti diberitakan Speedweek, Jumat (3/2/2017).

“Dahulu Enzo Ferrari mengatakan bahwa sukses merupakan faktor berimbang antara mobil dan pembalap. Namun saya sekarang mengatakan bahwa 80% faktor kemenangan berasal dari mobil. Anda bisa saja menjadi pahlawan dan mendadak jadi pembalap kelas menengah karena peran mobil,” tambahnya.

(yoh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini