Libas Denmark, Indonesia Pertahankan Piala Thomas Ketujuh Kalinya

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2017 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 24 40 1599562 libas-denmark-indonesia-pertahankan-piala-thomas-ketujuh-kalinya-FTPgqOD2Hx.jpg Thomas Cup (Foto: BWF)

INDONESIA kembali menunjukkan keperkasaannya sebagai dream team bulutangkis dunia di Piala Thomas 1979. Tim Merah Putih kembali melanjutkan kemenangan 9-0 di final atas Denmark. Sebelumnya di Piala Thomas 1976, Malaysia pernah menjadi korban keganasan Indonesia dengan skor sama.

Hampir dengan skuad serupa, kali ini Rudy Hartono yang prestasinya menurun berhasil menamatkan perlawanan Denmark dengan kemenangan Indonesia 5-0. Meski pertandingan selanjutnya tetap dimainkan, Indonesia menyapu bersih laga tersisa.

Pada hari pertama Iie Sumirat turun sebagai tunggal pertama melawan Svend Pri, dengan skor 11-15, 15-7, dan 15-10. Sempat menuai protes karena memilih Iie dibandingkan Lius Pongoh yang tampil gemilang di semifinal, Iie mampu membuktikan dengan kemenangan di partai pertama itu.

Denmark yang sempat berharap pada Pri, akhirnya harus kalah 4-0 di hari pertama ini. Setelah tunggal kedua Liem Swie King menang 15-3 dan 15-6 atas Morten Frost Hansen, ganda pertama Indonesia Tjun Tjun/Johan Wahjudi dan Christian Hadinata/Liem berhasil menuntaskan partai ketiga dan keempat dengan kemenangan.

Pada hari kedua, Rudy Hartono turun di partai pertama menghadapi Flemming Delfs. Meski menghadapi lawan berbeda, turunnya Rudy sempat menjadi trauma bagi penonton Indonesia saat dirinya kalah dari Pri di final Piala Thomas 1973.

Namun, Rudy berhasil mematahkan trauma tersebut dan merebut kemenangan dua set langsung 15-10 dan 15-2. Kemenangan itu pun memastikan Indonesia merebut Piala Thomas 1976 dengan skor 5-0.

Empat pertandingan yang tak menentukan lagi dimakan habis oleh Indonesia dan memastikan melibas Denmark 9-0. Iie, Liem, Tjun, Johan dan Christian berhasil menuntaskan kemenangan atas lawan-lawannya. Ini menjadi skor besar kedua bagi Indonesia di final Piala Thomas.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini