Image

FIA Minta Seluruh Sirkuit F1 Antisipasi Kecepatan Mobil Baru di Tikungan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 14 Januari 2017, 19:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 14 37 1591546 fia-minta-seluruh-sirkuit-f1-antisipasi-kecepatan-mobil-baru-di-tikungan-02FdqOS0LG.jpg FIA minta Sirkuit F1 antisipasi mobil lebih cepat (Foto: Andrej Isakovic/AFP)

PARIS – Federasi Automotif Internasional (FIA) meminta seluruh sirkuit yang digunakan balapan Formula One (F1) memastikan mampu mengantisipasi kecepatan mobil di tikungan yang nantinya akan lebih kencang. Setelah dikeluarkannya regulasi baru, kecepatan mobil diprediksi akan lebih cepat. Untuk itu FIA ingin memastikan hal tersebut dapat diredam.

Mobil F1 2017 diprediksi akan lebih cepat tiga hingga empat detik per lap dibandingkan pada tahun lalu. Terlebih, kecepatan menikung di mana regulasi baru menggunakan ban jauh lebih besar.

“Setiap trek menerima permintaan dari FIA untuk upgrade trek berdasarkan pekerjaan dan proses yang sedang berlangsung (pembuatan mobil F1). Kami melakukannya berdasarkan urutan kejuaraan, oleh karena itu tidak semua lintasan belum menerima itu,” ungkap Direktur Keselamatan FIA, Laurent Makies, mengutip dari Reuters, Sabtu (14/1/2017).

“Kami menggunakan simulasi untuk mendukung software simulasi kami, lalu kami melakukan simulasi di setiap trek dengan mobil 2017. Begitu banyak kecepatan menikung yang lebih tinggi hingga 40 km per jam lebih cepat,” jelasnya.

Mekies menambahkan, saat ini baru Sirkuit Melbourne Park yang telah melakukan apa yang diperlukan dalam prosedur tersebut. Sebab, GP Australia akan menjadi pembuka F1 musim 2017 pada 26 Maret.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini