Image

Sportpedia: Lee Chong Wei, Pemegang Gelar Juara Super-Series Terbanyak

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 14:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 12 40 1589739 sportpedia-lee-chong-wei-pemegang-gelar-juara-super-series-terbanyak-O0hMmb4ham.jpg Trofi Lee Chong Wei lebih banyak ketimbang Lin Dan. (Foto: AFP/Goh Chai Hin)

LEE Chong Wei dikenal sebagai salah satu pebulu tangkis terbaik dunia. Terbukti di peringkat BWF terbaru, pebulu tangkis berusia 34 tahun masih bercokol di posisi satu dunia nomor tunggal putra.

Hal yang membuat Chong Wei konsisten berada di posisi atas ialah kemampuannya menjaga level permainan. Terbukti sepanjang kariernya yang dimulai pada 2001, sudah 44 gelar berlevel super-series (ajang super-series mulai diperkenalkan pada 2007) yang diraih suami dari mantan pebulu tangkis Malaysia, Wong Mew Choo, tersebut.

Sekadar diketahui, raihan 44 gelar juara turnamen berlevel super-series merupakan yang terbanyak ketimbang pebulu tangkis lainnya. Total, jika digabungkan dengan hasil-hasil di bawah 2007, Chong Wei telah meraih 65 gelar.

Raihan gelar Chong Wei bahkan lebih banyak ketimbang pebulu tangkis legenda asal China, Lin Dan, yang mengoleksi 62 trofi sepanjang karier. Meski demikian, ada dua trofi yang belum mampu diraih Chong Wei selama berkiprah di dunia tepok bulu tersebut.

Ya, Chong Wei belum pernah meraih medali emas Olimpiade dan kampiun Kejuaraan Dunia. Terkait Olimpiade, Chong Wei sebenarnya tiga kali lolos ke partai puncak. Namun di partai penentuan tersebut, Chong Wei selalu dikalahkan jagoan-jagoan China.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini