MotoGP Pensiunkan Nomor 58 Milik Mendiang Simoncelli

Randy Wirayudha, Jurnalis · Jum'at 09 September 2016 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 09 38 1485252 motogp-pensiunkan-nomor-58-milik-mendiang-simoncelli-AOqg7x7842.jpg Nomor motor mendiang Marco Simoncelli dipensiunkan (Foto: ist)

MISANO ADRIATICO – Otoritas MotoGP memutuskan untuk memensiunkan nomor motor 58 yang pada 2010 dan 2011 lalu, digunakan mendiang Marco Simoncelli. Keputusan ini diambil jelang MotoGP San Marino yang sirkuitnya turut dinamai sang rider, Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Sebagai pengingat, Simoncelli, pembalap ‘nyentrik’ asal Italia tewas mengenaskan pascaterlibat kecelakaan fatal di Sirkuit Sepang MotoGP Malaysia, pada 23 Oktober 2011. Kejadian ini tak hanya jadi duka bagi MotoGP, tapi bagi semua insan olahragawan di dunia.

Sedianya semenjak saat itu, memang tidak ada pembalap MotoGP yang menggunakan nomor 58 milik pembalap berjuluk Super Sic itu. Pengecualian hanya dilakukan Loris Capirossi pada sebuah event penghormatan mendiang Simoncelli.

Tapi di sisi lain secara resmi, nomor itu masih ada yang menggunakan di kelas Moto3. Adalah Juanfran Guevara, pembalap tim RBA Racing Team yang menggunakan nomor itu dan kini terpaksa mencari nomor lain.

Pasalnya, MotoGP dan Dorna memutuskan bahwa nomor 58 itu akan dipensiunkan. Seperti dilansir Motorsport, Jumat (9/9/2016), hal ini dikonfirmasi CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, pada sebuah sesi konferensi pers jelang dimulainya MotoGP San Marino.

Dengan begitu, so far sudah lima kepemilikan nomor pembalap MotoGP yang dipensiunkan. Empat nomor lain yang dipensiunkan selain milik Simoncelli, adalah nomor 34 milik Kevin Schwantz, nomor 48 kepunyaan mendiang Shoya Tomizawa, nomor 65 milik Capirossi dan nomor 74 milik mendiang Daijiro Kato.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini