Klub Karate Young Guns Raih Dua Medali di SKIF 2016

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2016 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 29 43 1475673 klub-karate-young-guns-raih-dua-medali-di-skif-2016-Z1hLaqlgVw.jpg Klub Karate Young sukses di SKIF 2016. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Indonesia sukses menjadi runner-up di Kejuaraan Dunia Karate Shotokan Karate-do International Federation (SKIF) yang diadakan di JIExpo Hall D2, Jakarta pada 26-28 Agustus 2016. Karateka-karateka asal Indonesia sukses memberikan 6 emas, 6 perak dan 17 perunggu.

Perolehan medali Indonesia hanya kalah dari sang empunya cabang olahraga yakni Jepang. Tim Negeri Matahari Terbit sukses menjadi juara umum setelah mendulang 12 emas, 9 perak dan 10 perunggu.

Di ajang SKIF kali ini, Indonesia diwakili puluhan perguruan atau klub karate, salah satunya Young Guns yang memiliki pusat latihan di Ragunan, Jakarta Selatan. Sebanyak tiga karateka dari klub Young Guns ikut ambil bagian di ajang SKIF. Sebut saja Akio Zaiko, Syeriel Debora Wenno dan M.Fathir Hamdani

Hebatnya, dua dari tiga perwakilan klub karate tersebut berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia. Dua perwakilan dari Young Guns yang sukses memberikan medali ialah Syeriel dan Fathir.

Syeriel meraih medali emas di kategori kumite wanita di bawah 12 tahun. Sementara Fathir mendulang medali perunggu di kategori kumite pria di bawah 12 tahun. Sementara itu Akio, meski gagal menyumbang medali, tetap mampu menyudahi kompetisi di posisi empat.

Namun, tidak heran Syeriel dan Fathir sanggup meraih prestasi. Donny Zaiko selaku pelatih Pelatda DKI Jakarta dan karate Young Guns memaparkan cara latihan Syeriel dan Fathir selama ini.

"Mereka berlatih dengan disiplin setiap empat kali dalam seminggu di Dojo Young Guns. Kiatnya mereka selalu melahap program latihan yang telah disusun pelatih di dojo untuk seluruh atlet yang berlatih dan mereka tak pernah mengeluh sedikit pun," ujar Donny.

Rencananya, turnamen SKIF akan kembali digelar tiga tahun mendatang. Jepang ditunjuk menjadi penyelenggara turnamen Kejuaraan Dunia Karate tersebut.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini