nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpora: Cabor Potensial Akan Diboyong ke Olimpic Center Cibubur

Reni Lestari, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2016 11:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 24 43 1471772 menpora-cabor-potensial-akan-diboyong-ke-olimpic-center-cibubur-TxWBQMQ9o1.jpg Menpora siap bangun prestasi Indonesia. (Foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Menanggapi perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memfokuskan pengembangan pada cabang olahraga penyumbang medali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan akan memberdayakan Olimpic Center, Cibubur. Pelatihan cabang-cabang olahraga yang dianggap potensial akan dipindahkan ke Cibubur, di mana terdapat fasilitas lengkap bagi para atlet.

"Saya sudah mempercepat pengambilan keputusan, beberapa cabang olahraga seperti angkat besi panahan, dan cabang olahraga lainnya, kami akan memindahkan ke Cibubur karena kami punya Olimpic Center, Pelatnas di sana. Pelatihan, tempat tinggal sampai dokter dan fasilitas pendukung lainnya sudah kita siapkan," kata Imam di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Selain itu yang tak kalah penting adalah soal kebijakan pembinaan atlet, yang juga membutuhkan perhatian dan pendanaan dari pemerintah. Imam mengatakan untuk mendanai upaya pembinaan tersebut, Presiden Jokowi telah setuju membentuk yayasan pendanaan olahraga untuk pendampingan sekaligus jaminan masa depan atlet.

Keberadaan yayasan pendanaan ini sangat penting mengingat alokasi dana dalam APBN untuk kesejahteraan atlet tidaklah seperti yang diharapkan.

"Maka harus dibutuhkan yayasan atau lembaga yang disupport oleh semua masyarakat untuk mendanai olahraga," terang dia.

Sebelumnya diketahui, untuk mengapresiasi peraih medali pada olimpiade Rio 2016 ini, Kemenpora memberi bonus khusus bagi para atlet. Bonus tersebut senilai Rp5 miliar untuk medali emas dan Rp2 miliar untuk medali perak dan Rp1 miliar untuk perunggu.

(Ram)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini