nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kata Duo Rider HRC soal Penggunaan Radio di MotoGP

Rully Fauzi, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2016 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 21 38 1443533 kata-duo-rider-hrc-soal-penggunaan-radio-di-motogp-YjYxoG3bcc.jpeg Marc Marquez (kanan) dan Cal Crutchlow / Zimbio

SPIELBERG – Duo rider yang dinaungi Honda Racing Corporation (HRC), yakni Marc Marquez dari Tim Repsol Honda dan Cal Crutchlow dari LCR Honda, buka suara soal wacana penggunaan radio komunikasi antara rider dengan pit di MotoGP. Keduanya  ternyata blak-blakan menentang rencana tersebut.

Seperti diketahui, di balapan MotoGP Jerman yang digelar secara flag-to-flag dari basah ke kering, membuat beberapa tim kebingungan memberi informasi terkait kapan pembalap mereka harus masuk ke pit stop untuk mengganti motor. Di sisi lain, para rider juga tak tahu cara memberi tahu timnya mengenai jenis ban apa yang diinginkan.

“Radio adalah ide buruk. Saya tak bisa membayangkan ada yang berbicara saat sedang fokus menikung dalam kecepatan 320 kilometer per jam. Anda harus menentukan strategi sebelum balapan. Itulah yang harus dilakukan. Dalam kasus kami, semuanya sudah jelas. Tim kami sudah bekerja keras sejak Australia 2013 (Marquez didiskualifikasi akibat salah petunjuk pitboard), demi membuat segalanya berjalan sesuai rencana,” kata Marquez, seperti dilansir Racer, Kamis (21/7/2016).

Crutchlow pun menyatakan kontra dengan wacana ini. The Banana-Man menegaskan enggan mendengar petunjuk Kepala Mekanik, Beefy Bourguignon, saat di lintasan. Bahkan, Crutchlow juga bergurau tak mau mendengar omelan bos tim, Lucio Cecchinello. Rider Inggris ini juga yakin akan sering menggerutu seperti yang biasa dilakukan pembalap Formula One (F1), Kimi Raikkonen, jika penggunaan radio benar-benar diwujudkan.

“Bisakah Anda bayangkan Beefy bicara di telinga saya saat saya di lintasan? Ini bukan gagasan bagus, bahkan akan lebih buruk bila Lucio yang bicara di telinga saya! Saya pasti akan seperti Kimi. Anda pasti bisa membayangkan respons saya. Anda memang tak selalu bisa melihat pitboard, tapi seperti kata Marc, kami sudah punya cukup info untuk membuat strategi,” kata Crutchlow.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini